Pendahuluan: Klinik merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan termasuk didalamnya menyediakan pelayanan medis dasar atau spesialistik. Salah satu pelayanan kesehatan di klinik yang diharapkan dapat memenuhi standar pelayanan kesehatan adalah pelayanan kefarmasian. Tidak dapat dipungkiri menjamurnya klinik pada saat ini, karena ada…
Pendahuluan: Waktu tunggu pelayanan resep merupakan salah satu indikator kualitas pelayanan kefarmasian dan berhubungan langsung dengan kepuasan pasien. Penurunan kualitas pelayanan kefarmasian akan mempengaruhi operasional dan citra Rumah Sakit, akibatnya jumlah pasien akan berkurang, secara langsung mempengaruhi keuangan Rumah Sakit karena pada umumnya farmasi adalah unit yang palin…
Pendahuluan: Ketersedian obat di rumah sakit dapat dijaga dengan mengelola perencanaan dan pengadaan obat dengan baik. Pengelolaan obat perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya kekurangan stok obat, kelebihan stok obat dan pembelian obat secara cito. Faktor yang dapat mempengaruhi kekosongan obat akibat waktu tunggu (lead time) pemesanan obat yang lama. Tujuan: Mengetahui gambaran pengadaan o…
Pendahuluan: Waktu tunggu pelayanan resep adalah tenggang waktu mulai dari pasien menyerahkan resep sampai pasien menerima obat dari petugas farmasi. Waktu tunggu pelayaan resep dibagi menjadi dua, yaitu waktu pelayanan resep obat non racikan dan waktu tunggu pelayanan resep racikan. Waktu tunggu pelayanan resep di Instalasi Farmasi Rumah Sakit telah diatur dalam stadart pelayanan minimal. Stan…
Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggungjawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Salah satu indikator mutu rumah sakit adalah waktu tunggu pelayanan resep. Rumah Sakit St. Carolus membuat acuan waktu tunggu berdasarkan kebijakan pelayanan instalasi farmasi Rumah Sakit …
ABSTRAK Gambaran Waktu Tunggu Pelayanan Resep di Unit Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Pelabuhan Jakarta Periode Juni 2022 Oleh: Syafrida Pendahuluan: Rumah sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan perorangan merupakan bagian dari sumber daya kesehatan yang sangat diperlukan dalam mendukung penyelenggaraan upaya kesehatan. Waktu tunggu merupakan salah satu komponen yang men…
Pendahuluan: Waktu tunggu pelayanan resep pasien baru rawat inap merupakan salah satu poin yang di nilai dalam persyaratan akreditasi Rumah Sakit “X”. Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pasien perlu dilakukan evaluasi terus menerus agar dapat memperbaiki pelayanan farmasi. Keterlambatan dalam pelayanan farmasi harus diperbaiki sehingga menjadi sebuah masalah yang harus dipe…
Pendahuluan: Salah satu pelayanan farmasi yang harus memenuhi standar dirumah sakit adalah waktu tunggu. Belum tercapainya waktu tunggu pelayanan resep pasien rawat jalan diinstalasi farmasi menyebabkan masih banyaknya komplain pasien atau keluarga pasien yang merasa tidak puas dengan waktu tunggu pelayanan resep, sehingga menjadi masalah bagi mutu pelayanan Farmasi Rumah Sakit dr. H. Marzoeki …
Pendahuluan:Pelayanan farmasi termasuk dalam salah satu jenis pelayanan rumah sakit yang minimal wajib disediakan oleh rumah sakit dan tidak dapat dipisahkan dari sistem pelayanan kesehatan rumah sakit yang berorientasi kepada pelayanan pasien. Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit, salah satu indikator…
Pendahuluan: Instalasi farmasi adalah salah satu unit di rumah sakit yang memberikan layanan produk dan jasa dalam bentuk pelayanan resep. Pelayanan resep sebagai garis depan pelayanan farmasi kepada pasien harus dikelola dengan baik, karena mutu pelayanan resep farmasi yang umumnya dikaitkan dengan kecepatan dalam memberikan pelayanan. Waktu tunggu adalah salah satu standar minimal pe…
Kata Kunci: waktu tunggu, SPM, IFRS, obat jadi, obat racikan
Pendahuluan: Salah satu pelayanan farmasi yang harus memenuhi standar dirumah sakit adalah waktu tunggu. Belum tercapainya waktu tunggu pelayanan resep pasien rawat jalan diinstalasi farmasi menyebabkan masih banyaknya komplain pasien atau keluarga pasien yang merasa tidak puas dengan waktu tunggu pelayanan resep, sehingga menjadi masalah bagi mutu pelayanan Farmasi Rumah Sakit dr. H. Marzoeki …
Pendahuluan: salah satu pelayanan farmasi yang harus memenuhi standar di rumah sakit adalah waktu tunggu. belum tercapainya waktu tunggu pelayanan resep pasien rawat jalan diinstalasi farmasi menyebabkan masih banyaknya komplain atau keluarga pasien yang merasa tidak puas dengan waktu tunggu pelayanan resep, sehingga menjadi masalah bagi mutu pelayanan Farmasi rumah sakit dr. H. Marzoeki Mahdi …
¬ABSTRAK Gambaran Waktu Tunggu Pelayanan Resep Racikan di Unit Pelayanan Farmasi Klinik Pratama St.Carolus Paseban Periode Januari – Maret 2020 Oleh Natalia Kristanti P2.48.40.1.19.193 Pendahuluan: Salah satu cara untuk meningkatkan mutu pelayanan farmasi adalah melakukan evaluasi waktu tunggu pelayanan resep racikan, dimana waktu tunggu pelayanan resep racikan adalah pelayanan …
ABSTRAK Gambaran Waktu Tunggu Pelayanan Resep Obat Racikan Dan Non Racikan Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit “X” Jakarta Utara Periode Januari-Februari 2020 Oleh : Meilawati (Diana) S P24840119187 Pendahuluan:Instalasi farmasi adalah salah satu unit di Rumah Sakit yang memberikan layanan produk dan jasa dalam bentuk layanan resep. Pelayanan resep sebagai garis depan pelaya…
Pendahuluan: Rumah sakit sebagai salah satu sarana kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Rumah sakit harus terus menerus memberikan pelayanan yang bermutu kepada setiap pasien. Tuntutan masyarakat akan pelayanan rumah sakit, khususnya pelayanan kefarmasian, akan semakin baik dan ce…
ABSTRAK Gambaran Waktu Tunggu Pelayanan Resep Bagi Pasien Rawat Jalan di Satelit Farmasi Kimia Farma RSUPN Dr.Cipto Mangunkusumo Periode Mei 2020 Oleh: Khairul Huda P24840119169 Pendahuluan: Salah satu cara untuk meningkatkan mutu pelayanan farmasi adalah melakukan evaluasi waktu tunggu resep obat jadi, terutama resep obat racikan dimana waktu tunggu pelayanan resep obat racikan adalah…
ABSTRAK Gambaran Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Hermina Jatinegara Periode Mei 2020 Oleh Henny Lismawati Purba P2.48.40.1.19.151 Pendahuluan: Salah satu pelayanan farmasi yang harus memenuhi standar di rumah sakit adalah waktu tunggu. Belum tercapainya waktu tunggu pelayanan resep pasien rawat jalan di instalasi farmasi menyebabkan masih …