LAPORAN HASIL PRAKTIK KERJA LAPANGAN MANAJEMEN SISTEM PENYELENGGARAAN MAKANAN RSUD CENGKARENG (27 Maret – 12 Mei 2023)
Rumah Sakit merupakan salah satu institusi kesehatan yang mempunyai peran penting dalam melaksanakan upaya kesehatan masyarakat yang berdaya guna dengan upaya penyembuhan dan pemulihan yang dilaksanakan secara serasi dan terpadu dengan tujuan utama yaitu keselamatan pasien.
Pelayanan gizi merupakan suatu upaya memperbaiki, meningkatkan gizi, makanan, dietetik masyarakat, kelompok, individu atau klien yang merupakan suatu rangkaian kegiatan yang meliputi pengumpulan, pengolahan, analisis, simpulan, anjuran, implementasi dan evaluasi gizi, makanan dan dietetik dalam rangka mencapai status kesehatan optimal dalam kondisi sehat atau sakit. (Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit, 2013).
Kegiatan pelayanan gizi di rumah sakit salah satunya adalah penyelenggaraan makanan. Kegiatan penyelenggaraan makanan meliputi penetapan peraturan pemberian makan rumah sakit, penyusunan standar bahan makanan rumah sakit, perencanaan menu, perencanaan kebutuhan bahan makanan, perencanaan anggaran, pengadaan bahan makanan, spesifikasi bahan makanan, survey pasar, pemesanan dan pembelian bahan makanan, penerimaan bahan makanan, penyimpanan dan penyaluran bahan makanan, persiapan bahan makanan, pengolahan bahan makanan, distribusi makanan, tata laksana pemesanan makanan pasien dari ruang rawat inap, tata laksana pemesanan makanan penunggu pasien, serta pengawasan pengolahan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain