Jurnal
Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Kompetensi Profesional Dosen terhadap Prestasi Belajar yang Dimediasi oleh Motivasi Belajar Mahasiswa
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif persepsi
mahasiswa tentang kompetensi profesional dosen mata kuliah metodologi penelitian terhadap
prestasi belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif
deskriptif, Analisis yang digunakan adalah Path Analysis. Variabel penelitian antara lain:
kompetensi professional dosen mata kuliah metodologi penelitian (X1), motivasi belajar
(X2), dan prestasi belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah dosen poltekes kemenkes
Jakarta 2 yang bersertifikat pendidik, sampel penelitian ini adalah dosen poltekes kemenkes
Jakarta 2 yang bersertifikat pendidik yang mengamu mata kuliah metodologi penelitian.
Jumlah sampel penelitian adalah 10 orang dosen pengampu mata kuliah metodologi penelitian
yang terdistribusi pada 6 jurusan yang ada pada Poltekkes Kemenkes Jakarta II. Responden
penelitian adalah mahasiswa yang sedang mengikuti mata kuliah metodologi penelitian yang
berjumlah 315 mahasiswa yang terbagi menjadi 7 kelas. Pengambilan responden dalam
penelitian ini menggunakan teknik “Proportional Random sebanyak 63 responden dengan
mengambil 20% jumlah maha siswa tiap kelas. Hasil uji statistik Spearman Correlation Test
dengan derajat kepercayaan 95%, secara keseluruhan terdapat pengaruh persepsi mahasiswa
tentang kompetensi profesional dosen mata kuliah metodologi penelitian terhadap prestasi
belajar mahasiswa politeknik kesehatan Jakarta 2. secara bermakna dengan nilai p=0,003
(nilai p≤0,05).
Tidak tersedia versi lain