Karya Tulis Ilmiah
Analisa waktu tunggu pelayanan resep racikan dan non racikan pada IGD Rawat Jalan Rumah Sakit Marzoeki Mahdi Bogor Periode Mei 2020.
Pendahuluan: salah satu pelayanan farmasi yang harus memenuhi standar di rumah sakit adalah waktu tunggu. belum tercapainya waktu tunggu pelayanan resep pasien rawat jalan diinstalasi farmasi menyebabkan masih banyaknya komplain atau keluarga pasien yang merasa tidak puas dengan waktu tunggu pelayanan resep, sehingga menjadi masalah bagi mutu pelayanan Farmasi rumah sakit dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor.
Tujuan: untuk mengetahui gambaran waktu tunggu pelayanan resep pasien rawat jalan diinstalasi farmasi rumah sakit dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor periode Mei 2020.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dan metode yang digunakan adalah purposive sampling.
Hasil: hasil penelitian menunjukkan rata-rata waktu tunggu pelayanan resep pasien rawat jalan selama 14 menit untuk resep racikan dengan persentase 41,25% dan 32 menit untuk resep racikan dengan persentase 25%. Rata-rata waktu tahap pelayanan resep non racikan untuk penerimaan resep dan verifikasi selama 2 menit, tahap pengemasan obat selama 11 menit tahap penyerahan dan pemberian informasi obat selama 1 menit. Rata-rata waktu tahap pelayanan resep racikan untuk penerimaan resep dan verifikasi selama 2 menit, tahap peracikan obat 29 menit dan tahap penyerahan dan pemberian informasi obat 1 menit 32 detik.
Kesimpulan: Waktu tunggu pelayanan resep pasien rawat Instalasi Farmasi Rumah Sakit dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor telah memenuhi standar Kepmenkes RI No. 129/Menkes/SK/II/2008, tapi belum memenuhi standar Mutu Pelayanan Rumah Sakit dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor
Tidak tersedia versi lain