Karya Tulis Ilmiah
studi literatur gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di rumah sakit
Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit
Oleh
Nada Nabilah
P2.31.39.0.17.069
Pendahuluan : Pelayanan kefarmasian merupakan suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Pelayanan yang kurang optimal dapat menyebabkan ketidakpuasan pasien. Pasien akan merasa puas apabila ada persamaan antara harapan dan kenyataan pelayanan yang dapat memuaskan pasien. Salah satu indikator untuk mengevaluasi kualitas pelayanan kefarmasian adalah dengan mengukur tingkat kepuasan pasien yaitu menggunakan dimensi keandalan (reliabilty), ketanggapan (responsiveness), kepedulian (emphaty), jaminan (assurance), bukti fisik (tangible.)
Tujuan : Untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di rumah sakit berdasarkan dimensi kualitas.
Metode : Penelitian ini menggunakan penelitian studi kepustakaan. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yaitu dengan pengumpulan data pustaka yang bersumber dari beberapa literatur. Analisis data yang digunakan adalah analisis anotasi bibliografi.
Kesimpulan : Berdasarkan hasil analisis pada penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil tingkat kepuasan terhadap pelayanan kefarmasian mendapatkan presentase yang berbeda-beda. Dalam hal tersebut pada RSIA Kota Kupang sangat puas, RS Jogja sangat puas, RSUD Dr. Murjani Sampit puas, RSUD Klungkung kurang puas, RS daerah Madiun puas.
Kata kunci : Tingkat kepuasan, pelayanan kefarmasian, Rumah Sakit
Tidak tersedia versi lain