Karya Tulis Ilmiah
Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Kelurahan Lenteng Agung 1 Pada Tahun 2019
Pendahuluan: Pelayanan publik yang dilakukan oleh aparatur pemerintah saat ini dirasakan belum memenuhi harapan masyarakat. Hal ini dapat diketahui dari berbagai keluhan masyarakat yang disampaikan melalui media massa dan jejaring sosial. Jika keluhan tersebut, tidak ditangani dapat memberikan dampak buruk terhadap pemerintah. Lebih jauh lagi adalah dapat menimbulkan efek ketidakpercayaan dari masyarakat. Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam perbaikan pelayanan publik adalah melakukan survei kepuasan masyarakat. mengenai gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Kelurahan Lenteng Agung 1 pada tahun 2019
Metode: Penelitian survey dengan metode deskriptif kuantitatif melalui pengambilan data primer, dengan bantuan kuesioner. Populasi adalah seluruh pasien yang mengambil obat di apotek Puskesmas kelurahan Lenteng Agung 1 Jagakarsa pada bulan Februari 2019 hingga Juni 2019. Jumlah sampel yang terambil sebanyak 103 responden diambil secara sistematik random sampling. Analisis dilakukan dengan metode skala likert.
Hasil : Kepuasan pasien terhadap kesesuaian persyaratan administrasi dengan jenis pelayanan 63,1% puas, kemudahan prosedur pelayanan 75,7% puas, kewajaran biaya /tarif dalam pelayanan 57,3% puas, kesesuaian pelayanan yang diberikan dengan standar pelayanan 75,7 % puas, kemampuan petugas dalam pelayanan 69,9% puas, kesopanan dan keramahan petugas 58,3% puas, penanganan pengaduan keluhan 77,7 % puas, kecepatan waktu pemberian pelayanan 57,3% puas dan kualitas sarana dan prasarana apotek 73,8 % puas
Tidak tersedia versi lain