Skripsi
HUBUNGAN KONSENTRASI PM2.5 DAN KARAKTERISTIK PEKERJA DENGAN KELUHAN SUBJEKTIF GANGGUAN PERNAPASAN PADA PETUGAS CUSTOMER SERVICE DI GERBANG TOL BENDA UTAMA PT. JASAMARGA KUNCIRAN CENGKARENG TAHUN 2025
Penyebab utama pencemaran udara disebabkan oleh emisi dari kendaraan. Sumber pencemar yaitu polusi partikel PM2.5. Salah satu tempat yang memiliki risiko tinggi polusi PM2.5 adalah jalan tol. Partikel debu PM2.5 dapat menjadi pemicu keluhan gangguan pernapasan pada pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsentrasi PM2.5 dan karakteristik pekerja dengan keluhan subjektif gangguan pernapasan pada petugas customer service di Gerbang Tol Benda Utama PT. Jasamarga Kunciran Cengkareng tahun 2025.rnrnJenis penelitian yang digunakan melakukan pendekatan metode cross sectional. Populasi penelitian ini terdiri dari 55 pekerja, dan seluruh populasi dijadikan sampel. Pengukuran konsentrasi PM2.5 dengan alat particle counter. Sedangkan pengukuran gejala keluhan subjektif gangguan pernapasan dan karakteristik pekerja menggunakan kuesioner. rnrnHasil analisa penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata konsentrasi PM2.5 di Gerbang Tol Benda Utama yaitu 109,8 µg/m3 belum memenuhi persyaratan sesuai Permenkes No 2 Tahun 2023. Dari 55 responden yang mengalami keluhan subjektif gangguan pernapasan sebanyak 30 orang (54,5%). Variabel yang berhubungan dengan keluhan subjektif gangguan pernapasan yaitu masa kerja (p-value = 0,006) dan penggunaan APD masker (p-value =0,027). Sementara variabel yang tidak berhubungan yaitu usia (p-value = 0,823), jenis kelamin (p-value = 0,145), riwayat penyakit pernapasan (p-value = 0,447), dan perilaku merokok (p-value = 0,447). Bahwa konsentrasi PM2.5 yang ada di Gerbang Tol Benda Utama mempengaruhi keluhan subjektif gangguan pernapasan bagi petugas customer service.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain