REPOSITORY


POLTEKKES KEMENKES JAKARTA II

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Help Information Statistik
Jelajahi ▼
Subject Year Author Prodi Jurusan Jenis
Home
Home Help Information Statistik
Image of Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Telefarmasi di Apotek K-24 Jombang Raya dengan Metode Service Quality
Bookmark Share

Karya Tulis Ilmiah

Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Telefarmasi di Apotek K-24 Jombang Raya dengan Metode Service Quality

Naufal Hafiz Pradana - Personal Name; Yusmaniar - Personal Name;

Pendahuluan: Perkembangan telefarmasi di Indonesia, termasuk aplikasi K24Klik dari Apotek K-24, menghadirkan kemudahan akses layanan kesehatan. Namun, implementasinya masih menghadapi kendala seperti ketidakakuratan stok dan keterlambatan pengiriman. Penelitian ini menggunakan metode SERVQUAL untuk mengukur kesenjangan antara harapan dan kenyataan layanan, sekaligus memberikan rekomendasi perbaikan berbasis data kepuasan pengguna.rnrnTujuan: Mengukur dan menganalisis tingkat kepuasan pengguna aplikasi K24Klik terdahap dimensi SERVQUAL yang paling berpengaruh serta hubungan antara kepuasan terhadap layanan apotek fisik dan aplikasi telefarmasi.rnrnMetode: Penelitian menggunakan desain cross-sectional dengan sampel 100 pengguna aktif K24Klik di Apotek K-24 Jombang Raya (Juni-Juli 2025). Instrumen kuesioner divalidasi dan mencakup pertanyaan demografi, layanan apotek, serta lima dimensi SERVQUAL. Analisis data meliputi Paired Sample T-Test, korelasi Pearson, dan regresi linear berganda dengan SPSS.rnrnHasil: Penelitian ini menemukan bahwa pengguna aplikasi K24Klik didominasi perempuan (59%) berusia 20-30 tahun (69%). Skor kepuasan layanan aplikasi (19,55) sedikit lebih tinggi dibanding apotek fisik (19,09) dengan perbedaan signifikan (p=0,047). Dimensi Tangibles (tampilan dan fungsi aplikasi) menjadi faktor paling berpengaruh (β=0,302), sementara Empathy paling rendah (β=0,180). Terdapat korelasi kuat antara kepuasan layanan fisik dan digital (r=0,824), dengan model SERVQUAL menjelaskan 91,1% variabilitas kepuasan (R²=0,911).rnrnKesimpulan: Pengguna puas dengan layanan aplikasi K24Klik, terutama pada aspek teknis (Tangibles), namun perlu peningkatan pada empati dan personalisasi. Integrasi layanan fisik-digital Apotek K-24 telah berhasil menciptakan pengalaman terpadu.


Availability
#
Kampus B (A7) 001.43
AK00000000544803
Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
-
Publisher
Jakarta : Jurusan Farmasi., 2025
Collation
ii-xii + -pages: illustration; 21 x 30cm.
Language
English
ISBN/ISSN
-
Classification
-
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Naufal Hafiz Pradana
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • Cover Abstrak
  • Fullteks
  • Bab1
  • Bab2
  • Bab3
  • Bab4
  • Bab5
  • Daftar Pustaka
  • Lampiran
Comments

You must be logged in to post a comment


NPP 3174072C0000001

Link

  • Web Utama
  • Web Perpustakaan
  • Repository
  • KINK
  • Eresources PNRI

Kontak Kami

Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Jakarta II
Jalan Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru Jakarta 12120

Telp.: +6221-7397641
Email: perpus@poltekkesjkt2.ac.id

Search


Download

Tumbuh Bersama

Tumbuh bersaama kami dengan pengetahuan yang menakjubkan

Temukan, Pelajari, Berkembang

Perpustakaan, Membangkitkan Keajaiban Lintas Generasi

Nyalakan Masa Depan Anda

Alat dan Panduan untuk Perjalanan Setiap Pembelajar

Baca. Jelajahi. Raih

Dimana Imajinasi Menjadi Kenyataan


Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search