REPOSITORY


POLTEKKES KEMENKES JAKARTA II

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Help Information Statistik
Jelajahi ▼
Subject Year Author Prodi Jurusan Jenis
Home
Beranda Bantuan Informasi Statistik
Image of Gambaran Pengetahuan Gizi Dan Perilaku Konsumsi Makanan Dan Minuman Manis Terhadap Status Gizi (IMT/U) Pada Siswa/i Kelas VIII SMPN 191 Jakarta
Penanda Bagikan

Karya Tulis Ilmiah

Gambaran Pengetahuan Gizi Dan Perilaku Konsumsi Makanan Dan Minuman Manis Terhadap Status Gizi (IMT/U) Pada Siswa/i Kelas VIII SMPN 191 Jakarta

Gita Ramadhayanti - Nama Orang; Titus Priyo Harjatmo - Nama Orang; Sugeng Wiyono - Nama Orang;

Status gizi merupakan hasil dari interaksi kompleks antara konsumsi makanan dan pemanfaatan zat gizi dalam tubuh yang melibatkan proses digesti, absorpsi, transportasi, metabolisme, dan ekskresi. Ketidakseimbangan asupan zat gizi dapat menyebabkan malnutrisi, baik dalam bentuk kekurangan (undernutrition) maupun kelebihan (overnutrition). Berdasarkan data Survei Kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023, prevalensi status gizi remaja usia 13–15 tahun di DKI Jakarta menunjukkan beban gizi lebih yang cukup tinggi, yaitu sebesar 25,9% tergolong overweight dan obesitas. Salah satu faktor yang diduga berkontribusi terhadap status gizi tersebut adalah tingginya konsumsi makanan dan minuman manis. Data SKI 2023 juga mencatat bahwa konsumsi minuman manis ≥1 kali/hari terjadi pada 50,7% remaja usia 10–14 tahun dan 45,8% pada usia 15–19 tahun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan dan perilaku konsumsi makanan dan minuman manis terhadap status gizi (IMT/U) pada siswa/i kelas VIII di SMPN 191 Jakarta. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan desain penelitian cross sectional yang dilakukan pada 67 siswa/i kelas VIII di SMPN 191 Jakarta yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen berupa formulir data diri dan status gizi, kuesioner tingkat pengetahuan, dan formulir SQ-FFQ konsumsi makanan dan minuman manis. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar responden memiliki pengetahuan gizi baik (64,2%), frekuensi konsumsi makanan dan minuman manis yang sering (73,1%), dan status gizi baik (67,1%). Namun ditemukan pula responden dengan status gizi buruk/kurang (6%) dan gizi lebih/obesitas (26,9%). Proporsi status gizi buruk/kurang lebih banyak pada responden yang sering mengonsumsi makanan dan minuman manis, sedangkan status gizi lebih banyak pada responden yang jarang mengonsumsi makanan dan minuman manis. Peneliti menyarankan bagi siswa/i agar selalu memperhatikan asupan makanan, utamakan meningkatkan konsumsi makanan bergizi seimbang, mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis. Bagi pihak sekolah diharapkan adanya kerja sama dengan petugas kesehatan untuk melakukan kegiatan edukasi terkait gizi guna mengontrol status gizi siswa. rnrnKata kunci : pengetahuan gizi, makanan manis, minuman manis, status gizi, remajarnDaftar bacaan : 26 (2014-2024)


Ketersediaan
#
Kampus A 001.43 GZ-D3-2025 Git g
AK00000000544708
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - For Reading
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
001.43 GZ-D3-2025 Git g
Penerbit
Jakarta : Jurusan Gizi., 2025
Deskripsi Fisik
xii + 49pages: 0 x 0cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.43
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Gizi Masyarakat
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Gita Ramadhayanti
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Cover Abstrak
  • Bab1
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Bab5
  • Daftar Pustaka
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar


NPP 3174072C0000001

Link

  • Web Utama
  • Web Perpustakaan
  • Repository
  • KINK
  • Eresources PNRI

Kontak Kami

Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Jakarta II
Jalan Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru Jakarta 12120

Telp.: +6221-7397641
Email: perpus@poltekkesjkt2.ac.id

Cari


Download

Tumbuh Bersama

Tumbuh bersaama kami dengan pengetahuan yang menakjubkan

Temukan, Pelajari, Berkembang

Perpustakaan, Membangkitkan Keajaiban Lintas Generasi

Nyalakan Masa Depan Anda

Alat dan Panduan untuk Perjalanan Setiap Pembelajar

Baca. Jelajahi. Raih

Dimana Imajinasi Menjadi Kenyataan


Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik