Skripsi
PERBEDAAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PENGELOLA KATERING SEBELUM DAN SESUDAH PELATIHAN PERENCANAAN MENU MAKAN SIANG DI SMA BUDI CENDEKIA ISLAMIC SCHOOL KOTA DEPOK
Penyelenggaraan makanan di sekolah berperan penting dalam mendukung terciptanya sumber rndaya manusia yang sehat, cerdas, dan produktif. Menu makan siang yang disajikan di SMA rnBudi Cendekia Islamic School terkadang belum menganut prinsip gizi seimbang. Kurangnya rnvariasi menu makanan, rasa yang tidak pas dan tampilan yang kurang menggugah selera juga rnmembuat para siswa merasa lebih cepat bosan, sehingga perlu diadakannya pelatihan rnperencanaan menu yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan rnevaluasi dalam penyelenggaraan makan siang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui rnperbedaan pengetahuan dan keterampilan penyusunan menu melalui pelatihan perencanaan rnmenu makan siang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan One rnGroup Pretest Posttest. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan populasi = rnsampel yang didapatkan hasil 20 orang. Pengambilan data pengetahuan menggunakan rnkuesioner dan pengambilan data keterampilan menggunakan lembar kerja. Berdasarkan hasil rnpenelitian bahwa adanya peningkatan yang signifikan pada tingkat pengetahuan pengelola rnkatering setelah diberikan pelatihan perencanaan menu dengan nilai p = 0.001 dan peningkatan rnmean 22,65. Serta terdapat peningkatan yang signifikan pada nilai keterampilan setelah rndiberikan pelatihan perencanaan menu dengan nilai p = 0.001 dan hasil peringkat positif rndengan n=20 yang menunjukkan seluruh peserta mengalami peningkatan nilai keterampilan.
Tidak tersedia versi lain