Skripsi
Gambaran Penyelenggaraan Makanan dan Hubungan Asupan Energi, Zat Gizi Makro, dan Serat terhadap Status Gizi Siswa yang Mengonsumsi Katering di SMP Islam Al Azhar 10 Kembangan Jakarta Barat
ABSTRAKrnPROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN GIZI DAN DIETETIKArnJURUSAN GIZIrnPOLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES JAKARTA IIrnSKRIPSI, MEI 2025rnFANNY INDAH NURFAHMAHrn“GAMBARAN PENYELENGGARAAN MAKANAN DAN HUBUNGAN ASUPAN ENERGI, ZAT GIZI MAKRO, DAN SERAT TERHADAP STATUS GIZI SISWA YANG MENGONSUMSI KATERING DI SMP ISLAM AL AZHAR 10 KEMBANGAN JAKARTA BARAT”rnV BAB, 127 HALAMAN, 18 TABEL, 17 LAMPIRANrnSistem penyelenggaraan makanan sekolah bertujuan untuk memperbaiki dan menjaga status gizi siswa serta mengurangi risiko penyakit akibat makanan. Permasalahan gizi pada remaja sering kali disebabkan oleh pola makan yang kurang baik dan ketidakseimbangan antara asupan dan kebutuhan gizi. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Al Azhar 10 Kembangan untuk mengevaluasi sistem penyelenggaraan makanan, ketersediaan energi, zat gizi makro, serat, dan status gizi siswa yang mengikuti program katering. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan desain cross sectional. Hasil menunjukkan bahwa kecukupan zat gizi yang disediakan belum optimal. Sayur yang disajikan tidak memenuhi Angka Kecukupan Gizi (8,9 gram serat untuk makan siang) dan standar Daftar Bahan Makanan Penukar (±100 gram/URT), serta tidak tersedia buah dalam menu. Sisa makanan ditemukan akibat suhu makanan yang dingin dan kebiasaan membeli makanan di kantin sebelum makan siang. Uji statistik menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kecukupan gizi dan status gizi siswa (p 0,05). Diperlukan upaya perbaikan terhadap kualitas penyajian menu serta pelaksanaan edukasi gizi secara berkelanjutan untuk mendukung pembentukan kebiasaan makan yang sehat dan bergizi.rnKata Kunci : Penyelenggaraan Makanan Sekolah, Zat Gizi Makro, dan Status GizirnDaftar Pustaka : 25 (2014-2024)
Tidak tersedia versi lain