Skripsi
Hubungan Kecukupan Sarapan, Status Gizi, Konsentrasi Belajar, dan Tingkat Pendidikan Ibu dengan Prestasi Belajar Siswa/i Kelas 8 MTsN 7 Model Jakarta
ABSTRAKrnPROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN GIZI DAN DIETETIKArnJURUSAN GIZIrnPOLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES JAKARTA IIrnSKRIPSI, MEI 2025rnFARAH VIRGIANITA ADNINrn“HUBUNGAN KECUKUPAN SARAPAN, STATUS GIZI, KONSENTRASI BELAJAR, DAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA/I KELAS 8 MTSN 7 MODEL JAKARTA”rnV BAB, 103 HALAMAN, 17 TABEL, 14 LAMPIRANrnPrestasi belajar adalah salah satu hal yang menjadi acuan terdekat untuk mengetahui sejauh mana siswa/i dalam memahami pembelajaran akademik pendidikan. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah sarapan dan konsentrasi belajar. Anak yang tidak sarapan akan merasa lemas dan tidak bersemangat sehingga dapat mengganggu kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecukupan sarapan, status gizi, konsentrasi belajar, dan tingkat pendidikan ibu dengan prestasi belajar siswa/i kelas 8 MTsN 7 Model Jakarta. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan jumlah sampel 74 anak dan diambil secara purposive sampling yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Penelitian ini prestasi belajar diperoleh dari hasil ujian Tengah semester (UTS) semester ganjil, data kecukupan sarapan diperoleh melalui metode food recall sarapan weekday dan weekend, data status gizi diperoleh dengan metode antropometri yaitu tinggi badan (TB) dan berat badan (BB), data konsentrasi belajar dengan test simbol tertulis, serta data pendidikan ibu. Analisis data menggunakan Uji Chi – Square. Dari 74 siswa, Sebagian besar termasuk dalam kategori cukup sarapan, status gizi baik, konsentrasi belajar baik, tingkat pendidikan ibu tinggi, dan prestasi belajar baik. Ada hubungan signifikan antara kecukupan sarapan dengan prestasi belajar (p=0,034). Ada hubungan signifikan antara konsentrasi belajar dengan prestasi belajar (p=0,003). Tidak ada hubungan signifikan antara status gizi dengan prestasi belajar (p=0,172). Tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan ibu dengan prestasi belajar (p=0,360).rnKata Kunci : Kecukupan Sarapan, Status Gizi, Konsentrasi Belajar, Tingkat Pendidikan Ibu, Prestasi BelajarrnDaftar Pustaka : 63 (2014-2025)
Tidak tersedia versi lain