Skripsi
PERBEDAAN PENGETAHUAN SIKAP DAN KONSUMSI SAYUR DAN BUAH SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN EDUKASI DENGAN KOMBINASI MEDIA WAYANG KARDUS DAN ALAT PERAGA PADA SISWA/I KELAS IV DI SDN BARU 06 PASAR REBO JAKARTA TIMUR
Anak usia sekolah dasar merupakan golongan anak yang berusia antara 7-12 tahun.rnAnak usia sekolah mengalami perkembangan dan pertumbuhan. Sayur dan buahrnsebagai sumber vitamin, mineral, dan serat. Hasil Riskesdas Nasional 2018rnmenunjukkan bahwa proporsi konsumsi buah dan sayur kurang dari 5 porsi padarnpenduduk umur ≥5 tahun sebanyak 95,5 %. Tujuan penelitian ini adalah untukrnmengetahui perbedaan pengetahuan, sikap dan konsumsi sayur dan buah sebelumrndan sesudah diberikan edukasi dengan kombinasi media wayang kardus dan alatrnperaga pada siswa/i kelas IV di SDN baru 06 Pasar Rebo Jakarta Timur. Penelitianrnini merupakan penelitian eksperimental dengan pendekatan one grup pre test postrntest. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling didapatkan sampelrnsebanyak 44 responden. Analisis data menggunakan uji paired sample t test dan ujirnWilcoxon. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan signifikan padarnpengetahuan, sikap, dan tindakan konsumsi sayur dan buah sebelum dan sesudahrndiberikan penyuluhan. Sekolah diharapkan mengadakan program makan sehatrndengan mewajibkan siswa membawa bekal berisi sayur dan buah sebanyak 1–2 kalirnper minggu. Orang tua berperan dalam menyediakan makanan sehat untuk anak,rnsementara pihak sekolah dapat mendukung dengan menyediakan kantin sehat yangrnmenjual aneka buah (dalam bentuk jus atau potong) serta makanan yangrnmengandung sayuran.
Tidak tersedia versi lain