Karya Tulis Ilmiah
Edukasi Pengetahuan dan Perilaku Penggunaan Antibiotik pada Ibu Melalui Media Video Animasi Dalam Mencegah Resistensi Pengobatan di Klinik Bintaro Women and Children Tangerang Selatan
Pendahuluan : Berbagai studi menemukan bahwa sekitar 40%-62% antibiotik digunakan secara tidak tepat antara lain untuk penyakit-penyakit yang sebenarnya tidak memerlukan antibiotik. Antibiotik yang tidak digunakan secara bijak dapat memicu timbulnya masalah resistensi.
Tujuan Penelitian : Mengetahui tingkat pengetahuan dan perilaku pada ibu terhadap penggunaan antibiotik dalam mencegah resistensi pengobatan di Klinik Bintaro Women and Children Tangerang Selatan.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode Quasy experimental design dengan
rancangan pretest-posttest intervention with control group. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.
Hasil dan Kesimpulan: Responden paling banyak berada di usia 17-35 tahun (64.7%) dengan riwayat pendidikan SMA/SMK (52.9%) dan status terbanyak bekerja (58.8%) dengan jumlah anak yang dimiliki terbanyak ≤2 anak (71.8%). Sebanyak (40%) responden menyimpan antibiotik golongan penisilin, dengan bentuk sediaan tablet (67.1%) dan lama penyimpanan < 6 bulan (49.%). Tingkat
pengetahuan tentang penggunaan antibiotik pada kelompok kontrol mengalami peningkatan sebesar (9.1%), sedangkan pada kelompok perlakuan terdapat peningkatan sebesar (51.2%). Sikap terhadap penggunaan antibiotik pada kelompok kontrol tidak mengalami peningkatan, sedangkan pada kelompok perlakuan mengalami peningkatan sebesar (36.6%). Terdapat perbedaan yang
signifikan antara kelompok perlakuan yang diberikan media video animasi edukasi dibandingkan dengan kelompok tanpa diberikan media video animasi edukasi dengan nilai p-value sebesar
Tidak tersedia versi lain