Karya Tulis Ilmiah
Perbedaan Tingkat Pengetahuan Tentang Sarapan Sebelum dan Sesudah Diberikan Penyuluhan dengan Media Pop Up Book pada Siswa/i Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Jannah Tangerang Selatan
Sarapan memiliki peran penting sebagai sumber energi untuk memulai aktivitas harian terutama bagi anak-anak yang masih dalam proses tumbuh kembang. Berdasarkan hasil survei Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2010 diketahui bahwa dari 35.000 anak usia sekolah di Indonesia menunjukkan hampir separuh (44,6%) anak yang sarapan hanya memperoleh asupan energi kurang dari 15% yang harusnya 15-30% dari kebutuhan sehari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan tentang sarapan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan dengan Media Pop Up Book pada Siswa/i Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Jannah Tangerang Selatan. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest. Jumlah sampel 46 yang diambil secara purposive sampling. Nilai rerata pengetahuan pada saat pre-test sebesar 70.09 dan post-test sebesar 80.39. Dibuktikan dengan menggunakan Paired-Samples t-test bahwa terdapat perbedaan tingkat pengetahuan tentang sarapan antara sebelum dan setelah penyuluhan dengan nilai p yaitu 0,000 (p 0,05) sedangkan uji Chi-Square menunjukkan tidak terdapat hubungan antara karakteristik responden dengan pengetahuan tentang sarapan sebelum penyuluhan (p 0,05). Diperlukan adanya kegiatan mengkonsumsi sarapan bersama – sama sebelum masuk kelas kepada siswa/i yang datang pagi setidaknya seminggu sekali sebagai upaya pembiasaan komsumsi sarapan sebelum memulai aktivitas terutama proses pembelajaran di sekolah dan mengantisipasi munculnya akibat jika tidak sarapan dalam proses belajar siswa/i.
Kata Kunci : Pengetahuan, Sarapan, Pop Up Book, Penyuluhan
Tidak tersedia versi lain