Karya Tulis Ilmiah
Analisis Klaim dan Nilai Gizi pada 4 Produk Susu Formula Pertumbuhan untuk Anak Usia 1-3 Tahun dalam Iklan Youtube
Banyaknya faktor yang mempengaruhi pemberian ASI dan lamanya menyusui. pemberian ASI juga dipengaruhi oleh produsen susu formula yang semakin mendorong dan memberikan banyak promosi klaim kandungan nilai gizi yang bermanfaat bagi anak. Perkembangan seorang anak mempunyai arti peningkatan pertumbuhan, keterampilan, kemampuan fisik, dan fungsional, yang menjadi semakin kompleks seiring dengan bertambahnya usia anak. Salah satu media elektronik Youtube, merupakan situs yang populer di seluruh dunia. Strategi pemasaran pada Youtube di ketahui lebih efektif karena dapat menjangkau informasi dengan luas dan berpotensi dilirik dan dikenal oleh masyarakat luas. Pencantuman klaim gizi dan kesehatan pada pangan yang ditunjukan untuk anak usia 1-3 tahun perlu mendapat perhatian, karena kelompok populasi usia tersebut merupakan kelompok rentan dan pangan bagi kelompok tersebut mempunyai pengaruh besar terhadap pengembangan kualitas manusia. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan desain observasional. Penelitian ini difokuskan untuk menganalisis harga produk, karakteristik tujuan iklan, klaim iklan, dan nilai gizi produk susu formula lanjutan. Penelitian ini menggunakan 4 produk susu formula lanjutan untuk anak usia 1-3 tahun sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil yang sesuai dan tidak sesuai antara klaim iklan terhadap nilai gizi produk. Dari hasil penelitian ini di diharapkan baik kepada produsen maupun konsumen lebih memperhatikan kembali klaim iklan dan nilai gizi yang terdapat pada produk.
Kata kunci : Susu Formula Pertumbuhan, Iklan, Nilai Gizi, Youtube
Daftar Pustaka : 55 (1995 – 2022)
Tidak tersedia versi lain