Karya Tulis Ilmiah
Gambaran Tingkat Kepuasan Pelayanan Makanan Biasa dan Lunak pada Pasien Kelas III di RSUD Ciawi Bogor
Pemenuhan/penyajian makanan yang optimal dari aspek cita rasa dan pelayanan makanan sangat diperlukan untuk peningkatan asupan makan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pelayanan makanan biasa dan lunak pada pasien kelas III di RSUD Ciawi Bogor dilihat dari cita rasa dan pelayanan makanan.
Penelitian dilakukan di RSUD Ciawi Bogor. Bersifat deskritif analitik dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan jumlah sampel 30 responden. Data yang dikumpulkan meliputi karakteristik, penilaian cita rasa dan pelayanan makanan untuk mengetahui tingkat kepuasan responden. Hasil penelitian terhadap cita rasa makanan sebagian besar yaitu 93,3% (28 responden) menyatakan baik, sedangkan penilaian pelayanan makanan sebagian besar yaitu 100% (30 responden) menyatakan baik dan penilaian tingkat kepuasan pelayanan masih kurang puas yaitu 63,3% (19 responden) yang menyatakan puas. Saran yang diberikan yaitu dengan mempertahankan meningkatkan pelayanan yang sudah dianggap baik seperti penyajian makanan yang diberi garnish, semua hidangan disajikan dalam kondisi masih hangat, alat saji yang selalu bersih, penyajian makanan yang tepat waktu, keramahan pramusaji dan sebagainya.
Kata kunci : Cita Rasa Makanan, Pelaanan Makanan, Tingkat Kepuasan,
Rumah Sakit
Dafrtar Pustaka : 30 bacaan (2000 – 2023)
Tidak tersedia versi lain