Karya Tulis Ilmiah
ASUPAN CAIRAN DAN AKTIVITAS FISIK TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PADA MURID KELAS XI DI SMAN 4 BEKASI TAHUN 2023
Latar Belakang : Konsentrasi merupakan memfokuskan pikiran pada satu hal dengan mempertaruhkan seluruh perihal lain yang tidak terpaut. Cairan merupakan komponen utama pada tubuh manusia. Aktivitas fisik adalah setiap gerakan tubuh yang disebabkan kerja otot rangka dan memerlukan pengeluaran tenaga maupun energi. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Gambaran Asupan Cairan Dan Aktivitas Fisik Terhadap Konsentrasi Belajar Pada Murid Kelas XI Di SMAN 4 Bekasi Tahun 2023. Metode : Jenis penelitian ini adalah survei yang bersifat deskriptif dengan desain cross sectional dan jumlah sampel 56 murid diambil dengan cara stratified random sampling. Data karakteristik meliputi usia dan jenis kelamin murid diperoleh dari wawancara. Data aktivitas fisik murid diperoleh menggunakan formulir PAL, data frekuensi minum diperoleh menggunakan formulir food frequency dan food recall 24 jam 2 hari tidak berturut, data asupan cairan diperoleh menggunakan formulir food record. Data konsentrasi belajar diperoleh dari hasil test digit simbol selama 90 detik. Hasil : Analisis data dengan Uji Chi-Square. Dari 57 murid yang menjadi responden sebagian besar rentang usia 15-16 tahun (54,4%), berjenis kelamin perempuan (66,7%), melakukan aktivitas fisik kategori sangat ringan-ringan (43,9%), asupan cairan kurang (100%), frekuensi minum kurang (50,9%), dan konsentrasi rendah (87,7%). tidak ada hubungan yang signifikan antara usia dengan konsentrasi belajar (p-value=0,513), ada hubungan yang signifikan antara jenis kelamin dengan konsentrasi belajar (p-value=0,046), tidak ada hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik dengan konsentrasi belajar (p-value=0,066), tidak ada hubungan yang signifikan antara asupan cairan belajar dengan konsentrasi belajar (p-value=0,567), tidak ada hubungan yang signifikan antara frekuensi minum dengan konsentrasi belajar (p-value=0,650). Kesimpulan : Dalam penelitian ini mayoritas memiliki rentang usia 15-16 tahun, berjenis kelamin perempuan, melakukan aktivitas fisik sangat ringan-ringan, asupan cairan, dan frekuensi minum cukup. rata rata asupan cairan 820,75 ml/hari, rata rata frekuensi minum 7,6 kali/hari. Saran : Penelitian selanjutnya dapat menggunakan variabel-variabel lain yang mempengaruhi konsentrasi belajar yang tidak diteliti oleh peneliti.
Kata kunci : asupan cairan, aktivitas fisik, konsentrasi belajar
Daftar pustaka : 78 bacaan (2005-2023)
Tidak tersedia versi lain