Karya Tulis Ilmiah
Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Ditinjau dari Kualitas Makanan dan Sisa Makan Siang pada Pasien Dengan Diit Lunak Kelas III di Ruang Flamboyan RSUD Pasar Rebo Jakarta Timur
Pelayanan gizi di rumah sakit adalah pelayanan yang diberikan rumah sakit kepada pasien disesuaikan dengan keadaan klinis, status gizi dan kondisi metabolisme tubuh pasien. Kualitas penyelenggaraan makan diorientasikan kepada kepuasan pasien dengan memperhatikan berbagai salah satunya yaitu penampilan makanan dan cita rasa makanan yang secara langsung ataupun tidak langsung bisa mempengaruhi selera makanan pasien. Keberhasilan suatu penyelenggaraan makanan sering dikaitkan dengan adanya sisa makanan. Sisa makanan menunjukkan adanya pemberian makanan yang kurang optimal, sehingga sisa makanan merupakan salah satu indikator sederhana yang dapat digunakan untuk mengevaluasi keberhasilan pelayanan gizi rumah sakit.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien ditinjau dari kualitas makanan dan sisa makan siang pada pasien dengan diit lunak kelas III di Ruang Flamboyan RSUD Pasar Rebo Jakarta Timur. Jenis penelitian ini yaitu Deskriptif dengan pengambilan sampel secara purposive sampling yaitu didapatkan sampel sebanyak 25 orang. Data yang dikumpulkan adalah karakteristik responden, persepsi citarasa makanan, dan sisa makan siang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada sisa makan siang tergolong ke dalam banyak sisa yaitu sebesar 72%. Pada tingkat kepuasan pasien tergolong kedalam tidak puas yaitu sebesar 64% dengan faktor yang mempengaruhi yaitu penampilan makanan dan rasa makanan.
Kata Kunci : Kepuasan, Kualitas Makanan, Sisa Makan
Daftar Pustaka : 30 Pustaka (2002-2023)
Tidak tersedia versi lain