Karya Tulis Ilmiah
Perbedaan Pengetahuan Dan Kebiasaan Sarapan Sebelum Dan Sesudah Diberikan Penyuluhan Dengan Media Audio Visual (Video) Pada Siswa Kelas V Di SDN Pondok Kacang Timur 02 Kota Tangerang Selatan
Anak usia sekolah dasar dikategorikan masih dalam taraf perkembangan dan pertumbuhan, maka makan pagi atau sarapan mutlak sangat diperlukan untuk menunjang aktivitasnya. Terutama di jam-jam belajar disekolah, energi yang diperlukan untuk belajar sangat bergantung dari asupan gizi yang diperoleh dari makanan yang dimakan. Apabila anak tidak sarapan maka energi yang dibutuhkan untuk berpikir tidak mendukung, dampaknya anak tidak konsentrasi untuk belajar. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2010 menyatakan bahwa 26,1% anak sekolah dasar hanya sarapan dengan air minum dan 44,6% anak sekolah dasar yang sarapan hanya memperoleh asupan energi kurang dari 15% kebutuhannya. Angka tidak sarapan pada anak-anak di jakarta sebesar 17%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengetahuan dan kebiasaan sarapan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan dengan media audio visual (video) pada Siswa/i kelas V di SDN Pondok Kacang Timur 02 Kota Tangerang Selatan. Jenis penelitian adalah Pra Eksperiment One Group Pretes-Posttest dengan pengambilan sampel secara simple random sampling sebanyak 60 orang. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif dan menggunakan uji paired t-test. Terdapat peningkatan pengetahuan dengan kategori baik sebelum dilakukan penyuluhan 5% meningkat sesudah penyuluhan menjadi 96%. Kebiasaan sarapan dengan kategori sering sebelum penyuluhan 16,6% meningkat menjadi 75%. Terdapat perbedaan signifikan nilai pengetahuan sebelum dan sesudah dengan nilai 47,13 menjadi 89,39 dengan selisih 42,26 point dan nilai kebiasaan sebelum dan sesudah dengan nilai 1,03 menjadi 1,75 dengan selisih 0,72. Untuk mendukung program pemerintah, pihak sekolah diharapkan dapat membuat kebijakan sepekan sekali program sarapan bersama sesuai isi piringku, agar siswa terbiasa untuk sarapan.
Kata Kunci : Siswa Sekolah Dasar, Pengetahuan, Kebiasaan, Sarapan,
Media Audio Visual.
Daftar Pustaka : 42 bacaan (2004-2022)
Tidak tersedia versi lain