REPOSITORY


POLTEKKES KEMENKES JAKARTA II

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Help Information Statistik
Jelajahi ▼
Subject Year Author Prodi Jurusan Jenis
Home
Beranda Bantuan Informasi Statistik
Image of Perbedaan Pengetahuan Dan Kebiasaan Sarapan Sebelum Dan Sesudah Diberikan Penyuluhan Dengan Media Audio Visual (Video) Pada Siswa Kelas V Di SDN Pondok Kacang Timur 02 Kota Tangerang Selatan
Penanda Bagikan

Karya Tulis Ilmiah

Perbedaan Pengetahuan Dan Kebiasaan Sarapan Sebelum Dan Sesudah Diberikan Penyuluhan Dengan Media Audio Visual (Video) Pada Siswa Kelas V Di SDN Pondok Kacang Timur 02 Kota Tangerang Selatan

Mela Rahma Fadia - Nama Orang;

Anak usia sekolah dasar dikategorikan masih dalam taraf perkembangan dan pertumbuhan, maka makan pagi atau sarapan mutlak sangat diperlukan untuk menunjang aktivitasnya. Terutama di jam-jam belajar disekolah, energi yang diperlukan untuk belajar sangat bergantung dari asupan gizi yang diperoleh dari makanan yang dimakan. Apabila anak tidak sarapan maka energi yang dibutuhkan untuk berpikir tidak mendukung, dampaknya anak tidak konsentrasi untuk belajar. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2010 menyatakan bahwa 26,1% anak sekolah dasar hanya sarapan dengan air minum dan 44,6% anak sekolah dasar yang sarapan hanya memperoleh asupan energi kurang dari 15% kebutuhannya. Angka tidak sarapan pada anak-anak di jakarta sebesar 17%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengetahuan dan kebiasaan sarapan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan dengan media audio visual (video) pada Siswa/i kelas V di SDN Pondok Kacang Timur 02 Kota Tangerang Selatan. Jenis penelitian adalah Pra Eksperiment One Group Pretes-Posttest dengan pengambilan sampel secara simple random sampling sebanyak 60 orang. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif dan menggunakan uji paired t-test. Terdapat peningkatan pengetahuan dengan kategori baik sebelum dilakukan penyuluhan 5% meningkat sesudah penyuluhan menjadi 96%. Kebiasaan sarapan dengan kategori sering sebelum penyuluhan 16,6% meningkat menjadi 75%. Terdapat perbedaan signifikan nilai pengetahuan sebelum dan sesudah dengan nilai 47,13 menjadi 89,39 dengan selisih 42,26 point dan nilai kebiasaan sebelum dan sesudah dengan nilai 1,03 menjadi 1,75 dengan selisih 0,72. Untuk mendukung program pemerintah, pihak sekolah diharapkan dapat membuat kebijakan sepekan sekali program sarapan bersama sesuai isi piringku, agar siswa terbiasa untuk sarapan.

Kata Kunci : Siswa Sekolah Dasar, Pengetahuan, Kebiasaan, Sarapan,
Media Audio Visual.
Daftar Pustaka : 42 bacaan (2004-2022)


Ketersediaan
#
Kampus A 001.43 GZ-D3-2023 Mel p
AK000000004640
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - For Reading
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
001.43 GZ-D3-2023 Mel p
Penerbit
Jakarta : Jurusan Gizi., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.43
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2023
Subjek
pengetahuan
Sarapan
Siswa Sekolah Dasar
Media Audio Visual
Kebiasaan
Info Detail Spesifik
Siti Mutia Rahmawati(P1); Tugiman Atmasumarta(P2); Gede Ketut Wirakamboja(P3); D3-GZ-2023: P21341120040
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Perbedaan Pengetahuan Dan Kebiasaan Sarapan Sebelum Dan Sesudah Diberikan Penyuluhan Dengan Media Audio Visual (Video) Pada Siswa Kelas V Di SDN Pondok Kacang Timur 02 Kota Tangerang Selatan
  • BAB 1 & 5 Perbedaan Pengetahuan Dan Kebiasaan Sarapan Sebelum Dan Sesudah Diberikan Penyuluhan Dengan Media Audio Visual (Video) Pada Siswa Kelas V Di SDN Pondok Kacang Timur 02 Kota Tangerang Selatan
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar


NPP 3174072C0000001

Link

  • Web Utama
  • Web Perpustakaan
  • Repository
  • KINK
  • Eresources PNRI

Kontak Kami

Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Jakarta II
Jalan Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru Jakarta 12120

Telp.: +6221-7397641
Email: perpus@poltekkesjkt2.ac.id

Cari


Download

Tumbuh Bersama

Tumbuh bersaama kami dengan pengetahuan yang menakjubkan

Temukan, Pelajari, Berkembang

Perpustakaan, Membangkitkan Keajaiban Lintas Generasi

Nyalakan Masa Depan Anda

Alat dan Panduan untuk Perjalanan Setiap Pembelajar

Baca. Jelajahi. Raih

Dimana Imajinasi Menjadi Kenyataan


Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik