Skripsi
Perbedaan Perubahan Tingkat Pengetahuan dan Sikap tentang 4 Pilar Gizi Seimbang Setelah diberikan Penyuluhan dengan Media Power Point dan Poster pada Siswa/i Kelas VIII SMPN 267 Jakarta
Masalah gizi menimbulkan ancaman signifikan bagi kesehatan manusia. Menurut Riskesdas 2018, prevalensi gizi kurang pada remaja di DKI Jakarta mencapai 10,03%, serta gizi lebih di atas prevalensi nasional yaitu sebesar 1,03%. Upaya pencegahan masalah gizi pada remaja yaitu dengan meningkatkan pendidikan gizi masyarakat melalui penyediaan materi Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan perubahan tingkat pengetahuan dan sikap tentang 4 pilar gizi seimbang setelah diberikan penyuluhan dengan media power point dan poster pada siswa/i kelas VIII SMPN 267 Jakarta. Desain penelitian menggunakan quasi experimental dengan rancangan two group pre test-post test design. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Metode analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank dan Mann-Whitney untuk variabel pengetahuan, sedangkan uji Paired Sample T-Test dan Independent T-Test untuk variabel sikap. Hasil penelitian didapatkan bahwa ada perbedaan pengetahuan yang signifikan pada kelompok power point (p=0,000) dan poster (p=0,000) sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan. Ada perbedaan sikap yang signifikan pada kelompok power point (p=0,000) dan poster (p=0,000) sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan. Tidak ada perbedaan perubahan pengetahuan yang signifikan setelah diberikan penyuluhan antara media power point dan poster (p=0,176). Namun, ada perbedaan perubahan sikap yang signifikan setelah diberikan penyuluhan antara media power point dan poster (p=0,032). Kesimpulan adalah media power point dan poster dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap, namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan pengetahuan antara media power point dan poster.
Kata Kunci : Power Point, Poster, 4 Pilar Gizi Seimbang, Pengetahuan, Sikap
Tidak tersedia versi lain