Skripsi
Perbedaan Pengetahuan, Status Gizi, dan Pola Makan Sebelum dan Sesudah Diberikan Edukasi Gizi Tentang Anemia Defisiensi Besi Menggunakan Video Animasi pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Tridayasakti Kabupaten Bekasi
Anemia pada kehamilan disebut “potential danger to mother and child” yang memerlukan perhatian serius dari semua pihak yang terkait dalam hal pelayanan kesehatan. Berdasarkan data Riskesdas (2018) proporsi anemia ibu hamil mengalami peningkatan sejak tahun 2013 hingga tahun 2018, yaitu dari 37,1% meningkat menjadi 48,9% dan kejadian anemia ibu hamil berdasarkan kelompok usia terbanyak pada usia 15-24 tahun sebesar 84,6%. Tujuan utama pemberian edukasi gizi adalah mendorong terjadinya perubahan perilaku yang positif yang berhubungan dengan pangan dan gizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan, status gizi, dan pola makan sebelum dan sesudah diberikan edukasi gizi tentang anemia defisiensi besi menggunakan video animasi. Subjek penelitian ini adalah ibu hamil yang berada di wilayah kerja Puskemas Tridayasakti Kabupaten Bekasi. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dan didapatkan sebanyak 30 ibu hamil yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Metode penelitian ini adalah penelitian pre – eksperimental dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Postest. Pengolahan data pengetahuan dan status gizi dilakukan menggunakan uji Wilcoxon, dan pengolahan data pola makan menggunakan uji Paired Sample T – Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pengetahuan (p – value = 0,000
Tidak tersedia versi lain