Skripsi
Perbedaan Pengetahuan, Sikap, dan Praktik MP-ASI Sebelum dan Sesudah Penyuluhan dengan Media Video pada Ibu Baduta di Posyandu Mawar 03 & 04 Pademangan Barat Jakarta Utara
Latar Belakang: Permasalahan gizi pada anak balita di Indonesia cukup tinggi, khususnya kelompok anak usia 6-23 bulan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya pemberian MP-ASI dini dan kurangnya variasi makanan dalam setiap kali makan. Tujuan: Mengetahui perbedaan pengetahuan, sikap, dan praktik MP-ASI sebelum dan sesudah penyuluhan dengan media video pada ibu baduta di Posyandu Mawar 03 & 04 Pademangan Barat Jakarta Utara. Metode: Penelitian ini adalah Pra-Eksperimental dengan One Group Pre-Test Post-Test Design serta pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, didapatkan 40 responden. Analisis data dilakukan dengan uji Chi-Square dan uji Wilcoxon Matched Pairs. Hasil dan Kesimpulan: Terdapat hubungan antara pendidikan ibu dengan sikap dan praktik MP-ASI sebelum penyuluhan dengan media video dan terdapat perbedaan pengetahuan, sikap, dan praktik MP-ASI sebelum dan sesudah penyuluhan dengan media video pada ibu baduta di Posyandu Mawar 03 & 04 Pademangan Barat Jakarta Utara. Video dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif media yang digunakan dalam penyuluhan MP-ASI untuk melihat perbedaan pengetahuan, sikap, dan praktik ibu baduta dalam memberikan MP-ASI. Saran: Sebaiknya diadakan koordinasi antara pihak posyandu dengan ahli gizi puskesmas untuk melakukan edukasi lanjutan terkait MP-ASI serta monitoring dan evaluasi dalam pencegahan anak stunting di wilayah tersebut.
Kata Kunci: MP-ASI, Video, Pengetahuan, Sikap, Praktik
Kepustakaan: 51 (2005 – 2022)
Tidak tersedia versi lain