Skripsi
Pengaruh Edukasi Gizi Melalui Instagram dan Powerpoint Terhadap Tingkat Pengetahuan, Sikap, dan Konsumsi Air Putih Pada Siswa/I di SMA Muhammadiyah 23 Jakarta
Kurangnya tingkat pengetahuan tentang air putih dapat memberikan peluang pada remaja untuk tidak memperhatikan jumlah air putih yang diperlukan oleh tubuh. Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat pengetahuan, sikap, dan konsumsi air putih pada remaja yaitu dengan memberikan edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh edukasi gizi tentang pentingnya konsumsi air putih melalui Instagram dan Powerpoint terhadap tingkat pengetahuan, sikap, dan konsumsi air putih pada siswa/i di SMA Muhammadiyah 23 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan adalah Non-Equivalent Control Design. Pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dan didapatkan 28 responden dengan usia 16-18 tahun, berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok kontrol diberikan edukasi dengan media Powerpoint, kelompok intervensi diberikan edukasi dengan media Powerpoint dan Instagram. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh edukasi gizi terhadap tingkat pengetahuan (p=0,001), sikap (p=0,001), dan konsumsi air putih (p=0,005; p=0,014) pada kelompok perlakuan. Sedangkan pada kelompok kontrol hanya berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan (p=0,001) dan sikap (p=0,001) saja. Pemberian edukasi gizi melalui Instagram dan Powerpoint mempengaruhi tingkat pengetahuan, sikap, dan konsumsi air putih pada remaja sedangkan pemberian edukasi gizi melalui Powerpoint hanya mempengaruhi tingkat pengetahuan dan sikap saja. Disarankan untuk mengoptimalkan edukasi gizi yang memerlukan perubahan perilaku, sebaiknya menggunakan minimal dua media dan dilakukan secara terus menerus.
Tidak tersedia versi lain