Skripsi
Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua, Durasi Tidur, Dan Kebiasaan Sarapan Dengan Prestasi Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Al Khairiyah Kota Jakarta Selatan
Latar belakang: Peran pendidikan orang tua siswa berfungsi sebagai pendorong semangat siswa, karena keberhasilan dalam pendidikan salah satunya dipengaruhi oleh lingkungan keluarga. Faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu kebiasaan sarapan dan durasi tidur, karena hal tersebut dapat meningkatkan konsentrasi dan memudahkan dalam memahami pelajaran di sekolah, sehingga prestasi belajar anak menjadi baik.
Tujuan: Menganalisis Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua, Durasi Tidur, Dan Kebiasaan Sarapan Dengan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Al Khairiyah Kota Jakarta Selatan.
Metode: Desain penelitian menggunakan cross sectional, dilakukan pada bulan Januari-Maret 2023. Prestasi belajar dilihat dari hasil rapor kelas 11 dan 12, data karakteristik responden, tingkat pendidikan orang tua, dan kebiasaan sarapan menggunakan google form, formulir untuk mengumpulkan data durasi tidur menggunakan spreadsheet. Uji statistik menggunakan uji pearson chi square.
Hasil: Dari 65 responden, sebagian besar tingkat Pendidikan ibu dan ayah menempuh tingkat Pendidikan Dasar - Menengah (SD/MI-SMA/MA) dengan masing-masing sebanyak (67,7%) dan (66,2%), durasi tidur kurang baik (89,2%), kebiasan sarapan cukup (84,6%). Ada hubungan antara tingkat Pendidikan ibu dengan prestasi belajar (p=0,029), Tidak ada hubungan antara tingkat Pendidikan ayah (p=0,202), Durasi tidur (p=0,339), Kebiasaan sarapan (p=0,933) dengan Prestasi belajar siswa.
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara tingkat Pendidikan ibu dengan prestasi belajar dan tidak terdapat hubungan antara tingkat Pendidikan ayah, durasi tidur, dan kebiasaan sarapan dengan prestasi belajar.
Saran: Memberikan edukasi mengenai pentingnya sarapan kepada siswa dan siswi.
Tidak tersedia versi lain