REPOSITORY


POLTEKKES KEMENKES JAKARTA II

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Help Information Statistik
Jelajahi ▼
Subject Year Author Prodi Jurusan Jenis
Home
Beranda Bantuan Informasi Statistik
Image of Hubungan Sarapan dan Status Gizi dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas 4 dan 5 SDN Malaka Jaya 06 Pagi
Penanda Bagikan

Skripsi

Hubungan Sarapan dan Status Gizi dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas 4 dan 5 SDN Malaka Jaya 06 Pagi

Septi Shalsabila - Nama Orang;

Prestasi belajar merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan seseorang dalam dunia akademik. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah sarapan dan status gizi. Sarapan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan energi sehingga dapat beraktivitas dengan maksimal. Anak yang kurang gizi akan merasa kurang bersemangat dan mudah mengantuk sehingga berpengaruh pada kegiatan belajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sarapan dan status gizi dengan prestasi belajar siswa kelas 4 dan 5 SDN Malaka Jaya 06 Pagi. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan jumlah sampel 50 orang dan diambil secara simple random sampling yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Pada penelitian ini, data prestasi belajar diperoleh dari hasil rapor ujian tengah semester (UTS) siswa semester genap, data sarapan diperoleh dengan metode food recall sarapan yaitu weekday dan weekend, dan data status gizi (IMT/U) diukur dengan metode antropometri. Analisis data menggunakan Uji Chi-Square. Dari 50 siswa, sebagian besar termasuk dalam kategori sarapan (66,0%), status gizi baik (68,0%), dan prestasi belajar baik (82,0%). Ada hubungan signifikan antara sarapan dengan prestasi belajar (p=0.047). Tidak ada hubungan signifikan antara status gizi dengan prestasi belajar (p=1,000). Terkait sebagian besar siswa yang memiliki prestasi kurang memiliki status gizi lebih/obesitas, sebaiknya siswa memperhatikan status gizinya dengan cara memperhatikan konsumsi makanan gizi seimbang sehingga dapat melakukan aktivitas di sekolah dengan optimal serta mendapatkan prestasi belajar yang baik.
Kata kunci : Sarapan, Status Gizi, Prestasi Belajar


Ketersediaan
#
Kampus A 001.43 GZ-D4-2023 Sep h
AK000000004540
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - For Reading
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
001.43 GZ-D4-2023 Sep h
Penerbit
Jakarta : Jurusan Gizi., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.43
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2023
Subjek
Status Gizi
Sarapan
Prestasi Belajar
Info Detail Spesifik
Titus Priyo Harjatmo(P1); Trina Astuti(P2); Anastu Regita Nareswara(P3); D4-GZ-2023: P21331119064
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Hubungan Sarapan dan Status Gizi dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas 4 dan 5 SDN Malaka Jaya 06 Pagi
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar


NPP 3174072C0000001

Link

  • Web Utama
  • Web Perpustakaan
  • Repository
  • KINK
  • Eresources PNRI

Kontak Kami

Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Jakarta II
Jalan Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru Jakarta 12120

Telp.: +6221-7397641
Email: perpus@poltekkesjkt2.ac.id

Cari


Download

Tumbuh Bersama

Tumbuh bersaama kami dengan pengetahuan yang menakjubkan

Temukan, Pelajari, Berkembang

Perpustakaan, Membangkitkan Keajaiban Lintas Generasi

Nyalakan Masa Depan Anda

Alat dan Panduan untuk Perjalanan Setiap Pembelajar

Baca. Jelajahi. Raih

Dimana Imajinasi Menjadi Kenyataan


Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik