Skripsi
Perbedaan Tingkat Pengetahuan, Sikap, Dan Asupan Zat Gizi Sebelum Dan Sesudah Dilakukan Penyuluhan Tentang Isi Piringku Dengan Media Video Animasi Pada Siswa/I Kelas V Sdn Cirendeu 02 Ciputat Timur
Indonesia sedang menghadapi masalah ganda (double burden of malnutrition) yaitu masalah gizi lebih dan gizi kurang. Pada anak sekolah masalah gizi yang umum ditemukan antara lain seperti adalah pendek, kurus, kegemukan, obesitas, dan anemia. Upaya edukasi dalam hal ini diperlukan dalam rangka meningkatkan pengetahuan, sikap dan asupan zat gizi pada siswa sekolah dasar perilaku dalam mengatasi masalah status gizinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan, sikap, dan asupan zat gizi sebelum dan sesudah intervensi edukasi “isi piringku” dengan media video animasi pada siswa/I kelas V SDN Cirendeu 02 Ciputat Timur. Penelitian ini merupakan Pre-Eksperimen dengan desain One Group Pre-Post Test. Penelitian ini menggunakan alat bantu kuesioner pengetahuan, sikap, formulir food recall 24 jam, dan buku foto makanan. Responden dalam penelitian ini berjumlah 45 siswa/I di SDN Cirendeu 02 Ciputat Timur yang diambil secara purposive sampling sesuai kriteria inklusi dan ekslusi. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan bahwa ada perbedaan pada pengetahuan (p=0.000), sikap (p=0.008), asupan energi (p=0.000), protein (p=0.000), lemak (p=0.000), dan karbohidrat (p=0.000) sebelum dan sesudah diberikan intervensi edukasi tentang isi piringku dengan media video animasi. Pemberian intervensi edukasi tentang isi piringku dengan media video animasi dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, dan asupan zat gizi. Oleh karena itu, edukasi terkait isi piringku dapat dilakukan secara berkelanjutan sebagai upaya pencegahan terhadap masalah gizi pada anak usia sekolah.
Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Asupan Zat Gizi, Isi Piringku, dan Video animasi
Tidak tersedia versi lain