Skripsi
Analisis Input dan Proses Pada Penyelenggaraan Makanan, Tingkat Kecukupan Zat Gizi dan Status Gizi Pada Anak Sekolah di Sekolah Alam Tunas Mulia Bantar Gebang Bekasi
Penyelenggaraan makanan merupakan serangkaian kegiatan yang meliputi seluruh kegiatan input, proses, dan output dari penyelenggaraan makan itu sendiri. Masalah gizi yang sering terjadi pada remaja umumnya adalah disebabkan oleh pola makan yang kurang tepat. Masalah gizi pada remaja muncul karena perilaku gizi yang salah yaitu ketidakseimbangan antara asupan gizi yang dikonsumsi dengan kecukupan gizi yang dianjurkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui analisis input dan proses pada penyelenggaraan makanan, tingkat kecukupan zat gizi dan status gizi pada anak sekolah di Sekolah Alam Tunas Mulia Bantar Gebang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu analisis (input dan proses) dan kuantitatif dengan pendekatan cross sectional terhadap 5 penjamah makanan dan 40 anak sekolah berusia 13-18 tahun di Sekolah Alam Tunas Mulia. Analisis data menggunakan uji statistik Chi-Square. Penyelenggaraan makanan di Sekolah Alam Tunas Mulia merupakan penyelenggaraan makanan institusi. tingkat kecukupan energi, protein dan lemak sudah mencukupi kebutuhan, namun untuk karbohidrat, zat besi (Fe) dan vitamin C masih belum mencukupi kebutuhan zat gizi. Hasil uji korelasi Chi-Square menunjukkan bahwa terdapat hubungan (p0,05) antara tingkat kecukupan protein, lemak, karbohidrat dan zat besi (Fe) dengan status gizi anak sekolah.
Kata kunci : Penyelenggaraan Makanan, Tingkat kecukupan, Status
Gizi.
Tidak tersedia versi lain