Skripsi
Perbedaan Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Konsumsi Makanan Jajanan Sebelum dan Sesudah Penyuluhan dengan Media Lembar Balik pada Siswa/i Kelas V di SDI Al-Falah 1 Pagi Jakarta
Kebiasaan konsumsi makanan jajanan tidak aman akan beresiko terserang penyakit. Berdasarkan Laporan Kasus Keracunan Nasional Tahun 2019, pada tingkat pendidikan SD terdapat 872 kasus keracunan. Faktor yang mempengaruhi pemilihan makanan yaitu persepsi, sikap, kepercayaan, nilai dan motivasi, pengetahuan dan keterampilan, norma sosial dan budaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengetahuan, sikap dan tindakan konsumsi makanan jajanan melalui penyuluhan dengan media lembar balik pada siswa/i kelas V di SDI Al-Falah 1 Pagi Jakarta. Penelitian ini merupakan Eksperimental Semu dengan One Group Pre and Post Test Design. Sampel penelitian berjumlah 50 siswa/i. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pada pengetahuan dan tindakan konsumsi makanan jajanan siswa sebelum dan sesudah penyuluhan dengan media lembar balik. Berdasarkan hasil uji paired t-test menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pada sikap siswa tentang makanan jajanan sebelum dan sesudah penyuluhan dengan media lembar balik. Melakukan penyuluhan dengan waktu yang lebih lama dan secara berulang untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan tindakan.
Kata Kunci : Makanan Jajanan, Pengetahuan, Sikap, Tindakan, Media Lembar Balik
Tidak tersedia versi lain