Skripsi
Perbedaan Tingkat Pengetahuan, Asupan Zat Gizi, dan Z-Score IMT/U Sebelum dan Sesudah Intervensi Edukasi "Isi Piringku" dengan Media Leaflet pada Santri Gizi Kurang di Pondok Pesantren Ar - Rosyidiyah Tangerang
Gizi kurang masih menjadi masalah gizi yang banyak dialami oleh remaja di Indonesia. Salah satu upaya menanggulangi masalah gizi kurang dapat melalui intervensi edukasi. Upaya edukasi dalam hal ini diperlukan dalam rangka meningkatkan perilaku remaja dalam mengatasi masalah status gizinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan, asupan zat gizi, dan z - score IMT/U sebelum dan sesudah intervensi edukasi “isi piringku” dengan media leaflet pada santri gizi kurang di Pondok Pesantren Ar – Rosyidiyah Tangerang. Penelitian ini merupakan Pre-Eksperimen dengan desain One Group Pre-Post Test. Penelitian ini menggunakan alat bantu kuesioner, formulir food recall 24 jam, microtoise, dan timbangan berat badan digital. Responden dalam penelitian ini berjumlah 23 santri di Pondok Pesantren Ar – Rosyidiyah Tangerang yang diambil secara purposive sampling. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan bahwa ada perbedaan pada pengetahuan (p=0.000), asupan energi (p=0.005), protein (p=0.001), lemak (p=0.001), karbohidrat (p=0.009), dan nilai z-score IMT/U (p=0.022) sebelum dan sesudah diberikan intervensi edukasi tentang isi piringku dengan media leaflet. Pemberian intervensi edukasi tentang isi piringku dengan media leaflet dapat meningkatkan pengetahuan, asupan zat gizi, dan nilai z-score IMT/U. Oleh karena itu, edukasi terkait isi piringku dapat dilakukan secara berkelanjutan sebagai upaya pencegahan terhadap masalah gizi kurang.
Kata Kunci : Pengetahuan, Asupan Zat Gizi, Z-score IMT/U, Isi Piringku, Leaflet
Daftar Pustaka : 61 (2014 - 2022)
Tidak tersedia versi lain