Karya Tulis Ilmiah
Hubungan Pengetahuan Gizi Seimbang, Aktivitas Fisik, Dan Asupan Zat GiziMakro Dengan Status Gizi Remaja Kelas X Dan XI Di SMA Muhammadiyah 23 Jakarta
HANAN LUTHFIYAH GRIYARTI
“Hubungan Pengetahuan Gizi Seimbang, Aktivitas Fisik, dan Asupan Zat Gizi Makro Dengan Status Gizi Remaja Kelas X dan XI Di SMA Muhammadiyah
23 Jakarta”
Masalah gizi pada remaja saat ini antara lain gizi kurang dan gizi lebih. Prevalensi gizi kurang menurut riskesdas 2013 mencapai 9,4% dan prevalensi gizi lebih mencapai 7,3%. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan gizi seimbang, aktivitas fisik, dan asupan zat gizi makro dengan status gizi remaja.
Penelitian dilakukan pada siswa/i kelas X dan XI SMA Muhammadiyah 23 Jakarta. Desain penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study. Populasi adalah seluruh siswa/i berujumlah 48 orang. Uji yang digunakan adalah uji Chi-Square untuk melihat hubungan antara dua variabel yaitu independen dan dependen.
Hasil penelitian menunujukkan responden memiliki asupan energy kurang (54.2%), asupan protein cukup (64.6%), asupan lemak cukup (52.1%), asupan karbohidrat kurang (58.3%), pengetahuan gizi seimbang kurang (75%), aktivitas fisik ringan (77.1%). Tidak ada ketergantungan yang signifikan antara status gizi remaja dengan asupan energy, protein, lemak, dan karbohidrat (p>0,05). Untuk status gizi dengan aktivitas fisik dan pengetahuan gizi seimbang tidak ada ketergantungan yang signifikan (p>0.05).
Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang diajukan ialah perlu adanya penyuluhan mengenai gizi seimbang gunameningkatkan pengetahuan gizi seimbang pada siswa/i.
Kata Kunci : Status gizi, Remaja
Tidak tersedia versi lain