Karya Tulis Ilmiah
“Pengetahuan,Sikap dan Tindakan Mahasiswa Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II Jurusan Gizi Diploma IV Tingkat III Tentang Pesan dalam Pedoman Gizi Seimbang (PGS)”.
PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN MAHASISWA POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES JAKARTA II JURUSAN GIZI DIPLOMA IV
TINGKAT III TENTANG PESAN DALAM PEDOMAN GIZI SEIMBANG”
V BAB, 68 halaman, 21 tabel, 9 lampiran
Pedoman Gizi Seimbang (PGS) merupakan pedoman utama kegiatan penyuluhan gizi dan kegiatan komunikasi informasi edukasi (KIE) gizi agar lebih terarah dan lebih efektif. Salah satu kendala dalam penyampaian PGS adalah kurangnya sosialisai kepada masyarakat sehingga penerapan gizi seimbang di masyarakat belum optimal, masih dijumpai berbagai masalah
terkait dengan perilaku makan, perilaku hidup bersih dan sehat, serta penyakit-penyakit yang berkaitan dengan gizi.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2017 di Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II Jurusan Gizi. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mengetahui pengetahuan, sikap dan tindakan mahasiswa Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II Jurusan Gizi Diploma IV tingkat III tentang Pesan dalam Pedoman Gizi Seimbang (PGS).
Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dan dari segi waktu termasuk penelitian cross sectional. Pengambilan sampel diperoleh dengan cara purposive sampling.
Dari hasil penelitian didapatkan sebesar 51.0% responden berpengetahuan cukup, dari domain kognitif tahu sebesar 53.0% dalam kategori cukup, domain kognitif memahami 67.3% dalam kategori baik, domain kognitif aplikasi, analisis dan sintesis 85.7% dalam kategori cukup, dan domain kognitif evaluasi sebesar 59.2% dalam kategori cukup. 51% responden menunjukkan sikap yang negative, dan 65.3% responden memiliki tindakan yang baik.
Dari hasil uji statistic dapat disimpulkan bahwa tindakan responden tentang pesan dalam PGS tidak tergantung pengetahuan, sedangkan tindakan responden tentang pesan dalam PGS tergantung pada sikap.
Dari penelitian ini disarankan penambahan materi tentang pedoman gizi seimbang pada mata kuliah, serta disarankan agar mahasiswa lebih banyak mengakses informasi tentang pesan gizi seimbang diluar kegiatan perkuliahan.
Kata kunci : Pengetahuan, Sikap, Tindakan
Tidak tersedia versi lain