Laporan-PKL
Laporan Hasil Praktik Kerja Lapangan Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makanan RSUD Cengkareng 29 Agustus – 24 September 2022
Pelayanan makanan di rumah sakit merupakan salah satu bentuk kegiatan pelayanan bagi pasien yang dirawat di rumah sakit yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan zat gizi pasien dalam upaya mempercepat penyembuhan penyakit, mencapai status gizi optimal, dan dapat memenuhi kepuasan pasien. Keberhasilan penyelenggaraan makanan rumah sakit dapat dilihat melalui kepuasan yang berkaitan dengan mutu pelayanan gizi. Indikator mutu pelayanan gizi di rumah sakit dapat dikatakan berkualitas apabila hasil pelayanan gizi mendekati hasil yang diharapkan dan dilakukan sesuai dengan standar dan prosedur yang berlaku. Pelayanan gizi di rumah sakit dapat dikatakan bermutu apabila memenuhi 3 komponen mutu, yaitu 1). Pengawasan dan pengendalian mutu yang menjamin keamanan produk, 2). Menjamin kepuasan konsumen, 3). Assessment yang berkualitas. Dari hasil pelaksanaan penelitian yaitu Variasi menu yang disajikan kepada pasien di RSUD Cengkareng sudah bervariasi tidak monoton (90%). Keramahan petugas penyaji makanan kepada pasien di RSUD Cengkareng sudah baik (96,6%). Penampilan petugas penyaji makanan kepada pasien di RSUD Cengkareng sudah baik (98%). Penyajian makanan kepada pasien di RSUD Cengkareng sudah baik (95,4%). Ketepatan waktu dalam penyajian kepada pasien di RSUD Cengkareng yaitu tepat waktu (96,6%). Tingkat kepuasan pasien terkait pelayanan makanan di RSUD Cengkareng yaitu puas (96%). Dianjurkan pemberian lauk hewani untuk pasien anak, dewasa, dan lansia perlu diperhatikan kembali karena masih ditemukan daging utuh untuk pasien anak yang seharusnya mendapatkan lauk pauk cincang dan Kelengkapan alat makan perlu diperhatikan.
Tidak tersedia versi lain