Karya Tulis Ilmiah
Gambaran Kepuasan Pelanggan di Apotek Kimia Farma 42 Blok M Jakarta Selatan Periode Maret-Juni Tahun 2022
Peranan pemasaran saat ini tidak hanya menyampaikan produk atau jasa hingga tangan konsumen tetapi juga bagaimana produk atau jasa hingga tersebut dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan menghasilkan laba.Sasaran dari pemasaran adalah menarik pelanggan baru dengan menjanjikan nilai superior,menetapkan harga menarik,mendistribusikan produk dengan mudah,mempromosikan secara efektif serta mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan tetap memegang prinsip kepuasan pelanggan
Dalam penelitian ini menggunakan metode survey,instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa kuisioner,Penelitian dilaksanakan di Apotek Kimia Farma 42 Blok M Jakarta Selatan yang beralamat di Jalan Sultan Hassanudin No.1 Kebayoran Baru Jakarta Selatan,Waktu penelitian dilakukan pada bulan Maret-Juni 2022,Populasi adalah pelanggan tunai yang bertransaksi di Apotek Kimia Farma 42 Blok M Jakarta Selatan Periode Maret-Juni Tahun 2022.Dan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah dengan cara mengambil sampel secara acak atau dengan kata lain disebut sampling.Sampel pada penelitian ini di tentukan dengan menggunakan rumus Slovin sebagai berikut.
Tingkat kepuasan pelanggan dilihat dari berbagai dimensi pengukuran mutu pelayanan.Ada 5 dimensi yang dijadikan bahan pengujian dan memperoleh prosentase sebagai berikut:kehandalan sebesar 43,37%,ketanggapan sebesar 46,27%,kepastian sebesar 41,7%,empati sebesar 45,2%dan bukti fisik sebesar 42,87.Semua indikator menghasilkan nilai tertinggi pada penilaian PUAS dengan skor rata-rata 54,85%.
Tidak tersedia versi lain