Karya Tulis Ilmiah
Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Farmasi Di Depo Griya Puspa RSUP Persahabatan
Pendahuluan :Mutu pelayanan kesehatan adalah sesuatu yang menunjuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan,dimana pada satu pihak dapat menimbulkan kepuasan setiap pasien sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata,serta dipihak lain melalui tata cara penyelengaraan sesuai dengan kode etik dan standar profesi yang telah ditetapkan. Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator mutu dari sebuah Rumah sakit
Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif. Dilaksanakan di Depo Farmasi Griya Puspa RSUP Persahabatan. Pengambilan data selama 3 bulan yaitu bulan Mei,Juni dan Juli 2022.Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang menebus resep obat di Depo Farmasi Griya Puspa RSUP Persahabatan, sampel di ambil secara sebanyak 100 orang. data dilakukan dengan menggunakan analisis univariat.
Hasil: Dari pengolahan dan analisis data diperoleh data kebanyakan konsumen adalah perempuan yaitu sebanyak 56 orang (56 %), tidak bekerja yaitu 56 orang (56%), usia > 35 tahun yaitu 77 orang (77%), berpendidikan tinggi yaitu 97 orang (97%) perempuan lebih banyak yang puas dibandingkan laki laki yaitu 96,4% berbanding 84,1, tidak bekerja lebih banyak puas dibandingkan dengan yang bekerja yaitu 91,1% berbanding 90,9%, berpendidikan tinggi lebih banyak puas dibandingkan berpendidikan rendah yaitu 100% berbanding 90,7% dan yang berusia > 35 tahun proporsi puas lebih banyak dibandingkan dengan yang berusia ≤ 35 tahun yaitu 97,4% berbanding 69,6%.
Kesimpulan : Tingkat kepuasan pasien rerhadap pelayanan farmasi di Depo Griya Puspa RSUP Persahabatan adalah sebesar > 80 %, hal ini sesuai dengan persyaratan yang tertuang dalam Permenkes nomor 72 tahun 2016
Kata Kunci : Kepuasaan, konsumen, pelayanan Farmasi, RSUP Persahabatan
Tidak tersedia versi lain