Karya Tulis Ilmiah
Gambaran Pelayanan Pemberian Obat Di Apotek Titi Murni Jakarta Pusat Periode Januari - Maret 2022
Gambaran Pelayanan Pemberian Obat Di Apotek Titi Murni Jakarta Pusat Periode Januari – Maret 2022
Oleh:
Nia Kurniasih
P2.48.40.1.21.156
Pendahuluan: Pelayanan kefarmasian yang bermutu adalah pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan yang telah ditetapkan. Dalam upaya meningkatkan pelayanan kefarmasian di apotek perlu dilakukan evaluasi dengan menilai tingkat kepuasan pasien.
Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang pelayanan kefarmasian di Apotek Titi Murni.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dan informasi dikumpulkan dari responden dengan menggunakan kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang membawa resep ke Apotek Titi Murni pada bulan Januari – Maret 2022. Sampel diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin sehingga didapatkan 100 responden untuk mewakili populasi.
Hasil dan Kesimpulan: Hasil penelitian mengenai pelayanan pemberian obat di Apotek Titi Murni didapatkan berjenis kelamin perempuan 55% responden yang banyak datang ke apotek dibanding dengan berjenis kelamin laki-laki 45%, untuk rentang umur 36 – 45 tahun yang banyak berkunjung ke apotek sebesar 42 %. Sebanyak 28 % yang banyak responden tidak mengisi pekerjaan yang didominasi ibu rumah tangga, dan pendidikan yang banyak didapat 35 % responden berpendidikan S1. Pelayanan Informasi Obat yang kategori baik 55,6 %, kategori cukup 11,1 % dan kategori buruk 33,3 %.
Kata kunci : Pelayanan Kefarmasian, Apotek
Tidak tersedia versi lain