Karya Tulis Ilmiah
Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Pasar Baru Tangerang Periode Juni-Juli 2022
Pendahuluan: Apotek merupakan sarana pelayanan kesehatan yang menyediakan kebutuhan obat-obatan bagi masyarakat. Saat ini banyaknya jumlah apotek dengan jarak yang relatif dekat, menuntut setiap pengelola untuk memberi pelayanan kefarmasian yang baik bagi pelanggannya. Salah satu indikator kualitas pelayanan di apotek adalah kepuasan pelanggannya. Analisis kepuasan pelanggan dilakukan berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan ( service quality) yakni : ketanggapan ( responsiveness), kehandalan (reliability), jaminan (assurance), empati (emphaty), bukti fisik (tangible).
Metode: Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa kuesioner yang diberikan kepada responden. Populasi yang dilibatkan pada penelitian ini adalah pelanggan yang
berkunjung di apotek Pasar Baru Tangerang pada bulan Juni – Juli 2022 yaitu 100 responden. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ditentukan dengan metode quota sampling.
Hasil: Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Apotek Pasar Baru Tangerang diketahui bahwa tingkat kepuasan pelanggan dilihat dari berbagai dimensi kualitas pelayanan terdiri dari : Kehandalan (reliability) sebesar 83,75%, Ketanggapan (responsiveness) sebesar 84,3%, Jaminan ( assurances) sebesar 83,13%, Empati (emphaty) sebesar 85,95%, Bukti Fisik ( tangible ) sebesar 82,4%, maka rata-rata tingkat kepuasan pasien secara keseluruhan berdasarkan lima dimensi terhadap pelayanan kefarmasian dengan total skor yang diperoleh adalah 83,95% dengan kategori puas.
Kesimpulan: Tingkat kepuasan pelanggan dilihat dari berbagai dimensi terhadap pelayanan kefarmasian mulai dari Kehandalan (reliability), Ketanggapan (responsiveness), Jaminan ( assurances), Empati (emphaty) dan Bukti Fisik (tangible) diperoleh hasil dengan kategori puas.
Kata Kunci: Apotek, Kepuasan Pelanggan, Pelayanan Kefarmasian.
Tidak tersedia versi lain