Karya Tulis Ilmiah
Gambaran Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Di Apotek Roda Farma Ciputat Tahun 2022
Pendahuluan :
Pelayanan dan kepuasan adalah dua hal yang tidak daat dipisahkan karena dengan
adanya kepuasan maka pihak terkait dapat saling mengoreksi sampai dimana pelayanan
yang diberikan apakah menjadi baik atau buruk. Hal ini sangat dipengaruhi oleh setiap
petugas dalam memberikan pelayanan dengan kata lain pelayanan dapat memuaskan
adalah pelayanan yang dilakukan berdasarkan ketentuan yang berlaku sehingga dapat
dipahami apa yang diinginkan masyarakat. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk
menilai tingkat kepuasan konsumen terhadap ketanggapan petugas di Apotek Roda
Farma Kota Tangerang Selatan.
Metode : Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kuantitatif. Responden diberikan
formulir survei kepuasan konsumen untuk diisi.
Hasil : Tingkat kepuasan responden terhadap kecepatan pelayanan resep obat jadi dan
racikan 90%, ketanggapan petugas terhadap konsumen 89,75%, pelayanan informasi
obat 89,50%, keramahan dan kesopanan petugas apotek 88,00%, penampilan petugas
apotek 84,50%, kebersihan dan kenyamanan ruang tunggu 82,25%, harga obat 80,50%,
kelengkapan obat dan alkes 80,00%.
Kesimpulan : Untuk tingkat kepuasan responden terhadap kecepatan pelayan resep
obat jadi dan racikan di Apotek Roda Farma sebanyak 90% menyatakan sangat puas
tetapi untuk tingkat kepuasan responden terhadap kelengkapan obat dan alat kesehatan
sebanyak 80% menyatakan tidak puas.
Kata Kunci : kepuasan konsumen, pelayanan kefarmasian
Tidak tersedia versi lain