Karya Tulis Ilmiah
Gambaran Waktu Tunggu Pelayanan Resep di Depo Farmasi Klinik Utama Tomang Jakarta Barat
Pendahuluan: Klinik merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan termasuk didalamnya menyediakan pelayanan medis dasar atau spesialistik. Salah satu pelayanan kesehatan di klinik yang diharapkan dapat memenuhi standar pelayanan kesehatan adalah pelayanan kefarmasian. Tidak dapat dipungkiri menjamurnya klinik pada saat ini, karena adanya kecenderungan masyarakat lebih memilih klinik sebagai tempat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan karena pertimbangan praktis, yang dengan sekali datang pasien bisa mendapatkan pelayanan yang lengkap tanpa harus menunggu lama. Salah satu pelayanan penunjang di Klinik Utama Tomang adalah depo farmasi yang melayani resep dari dokter yang berpraktek, dengan waktu pelayanan dokter umum 24 jam, dan pelayanan dokter spesialis di hari dan jam tertentu.
Metode: Penelitian yang digunakan oleh penulis adalah cross sectional, dimana penulis hanya ingin mengetahui gambaran waktu tunggu pelayanan resep di Klinik Utama Tomang.
Hasil dan kesimpulan : Rata- rata waktu tunggu obat racikan selama 25 menit 02 detik. Sedangkan untuk obat jadi diperoleh rata- rata waktu tunggu selama 11 menit 47 detik, persentase waktu tunggu di Depo Farmasi Klinik Utama Tomang untuk obat racikan sesuai PMK No.34/2021 100%, dan yang tidak sesuai 0%. Dan obat jadi yang sesuai 97,22%, dan yang tidak sesuai 2,7%. Rata- rata waktu tunggu resep asuransi obat racikan selama 37 menit 36 detik. Sedangkan untuk obat jadi diperoleh rata- rata waktu tunggu selama 23 menit 34 detik, persentase waktu pelayanan resep asuransi Klinik Utama Tomang untuk obat racikan sesuai PMK No.34/2021 90%, dan yang tidak sesuai 10%. Obat jadi yang sesuai 71,42%, dan yang tidak sesuai 28,57%.
Kata Kunci: Waktu tunggu obat, resep asuransi, instalasi farmasi
Tidak tersedia versi lain