Skripsi
Perbedaan Tingkat Pengetahuan, Asupan Energi dan Zat Gizi Makro, dan Aktivitas Fisik Sebelum dan Sesudah Diberikan Edukasi Gizi Mengenai Gizi Seimbang Melalui Instagram Pada Mahasiswa Jurusan Teknik Radiologi Pencitraan Di Poltekkes Jakarta II Angkatan 2019
Permasalahan gizi merupakan salah satu masalah kesehatan utama di Indonesia, yaitu gizi lebih dan gizi kurang. Pada umumnya salah satu penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan masyarakat tentang gizi seimbang dan kurang aktivitas fisik. Pengetahuan gizi diperoleh melalui edukasi dengan menggunakan media sosial, seperti Instagram. Tujuan penelitian ini mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan, asupan energi daan zat gizi makro dan aktivitas fisik pada Mahasiswa Teknik Radiologi Pencitraan Poltekkes Jakarta II Angkatan 2019 sebelum dan sesudah diberi edukasi gizi seimbang melalui Instagram. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian adalah Quasi Eksperimen dengan desain One Group Pre Test – Post Test. Jumlah sampel yang masuk sebanyak 22 orang. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan tingkat pengetahuan dan asupan lemak pada mahasiswa Teknik Radiologi Pencitraan Poltekkes Jakarta II Angkatan 2019 sebelum dan sesudah edukasi gizi seimbang melalui Instagram. Edukasi menggunakan Instagram memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pengetahuan dan asupan lemak, tetapi tidak dengan asupan energi, protein, karbohidrat dan aktivitas fisik responden.
Kata Kunci : Mahasiswa, Gizi Seimbang, Tingkat Pengetahuan, Tingkat Asupan Energi Dan Zat Gizi Makro, Aktivitas Fisik, Instagram
Tidak tersedia versi lain