Karya Tulis Ilmiah
Pengetahuan, Persepsi, dan Perilaku Masyarakat Tentang Pembelian Obat Secara Online Saat Pandemi Covid-19 Tahun 2022
Pendahuluan: Selama pandemi Covid-19 segala kegiatan sesuai anjuran pemerintah dilakukan secara daring dari rumah. Hal ini menyebabkan penggunaan internet meningkat. Masyarakat memanfaatkan internet untuk mencari informasi kesehatan begitu juga dalam mendapatkan produk kesehatan seperti obat. Kemajuan teknologi memberikan inovasi pelayanan kefarmasian berupa Apotek Online.
Tujuan: Mengetahui bagaimana pengetahuan, persepsi dan perilaku masyarakat tentang pembelian obat secara online saat pandemi Covid-19.
Metode: Survei ini dilakukan pada Mei-Juni 2022, melibatkan pengguna media sosial (Twitter, Instagram, Telegram dan Whatsapp) yang bertempat tinggal di Indonesia dengan jumlah 134 responden yang dipilih secara accident atau kebetulan dengan metode accidental sampling dan bersedia mengisi kuesioner yang dibagikan secara online dan menyetujui naskah persetujuan kuesioner.
Hasil dan Kesimpulan: Sebanyak 134 responden pernah menggunakan internet untuk pembelian obat secara online sebelum dan saat pandemi. Market place shopee (32,4%) yang paling banyak diakses responden dalam pembelian obat secara online. Jenis produk farmasi yang banyak dibeli responden yaitu vitamin (37,4%). Sebanyak 88,6% responden yang sangat setuju dengan anggapan bahwa pembelian obat secara online menghemat waktu/mudah diakses dan dapat mengurangi penyebaran Covid-19. Tingkat pengetahuan yang dimiliki responden berkategori baik (45,5%)
Kata kunci: Apotek Online, Pembelian Obat, Covid-19
Tidak tersedia versi lain