Buku Pelajaran
Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Penggunaan Telemedicine Saat Pandemi Covid-19 Metode Service Quality (Servqual) Pada Tahun 2022
Pendahuluan: Telemedicine diharapkan dapat meminimalkan kontak publik langsung dengan tenaga kesehatan dan memutus rantai epidemi Covid 19. Untuk memenuhi kualitas mutu pelayanan telemedicine di Indonesia maka kepuasan dan hambatan yang dialami oleh pengguna layanan telemedicine perlu diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan masyarakat terhadap penggunaan telemedicine pada saat pandemi Covid-19.
Metode: Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa kuisioner. Kuisioner disebarkan secara online melalui media sosial seperti whatsapp, line, Twitter dan Instagram. Populasi yang dilibatkan pada penelitian ini pengguna media sosial yang menggunakan pelayanan telemedicine di tentukan dengan metode Accidental Sampling.
Hasil: Hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan pada dimensi Kehandalan (reliability) sebesar 81,56%, Ketanggapan (responsibility) sebesar 83,12%, Jaminan (assurances) 81,30%, Empati (emphaty) sebesar 85,58% dan Bukti Fisik (tangibles) sebesar 85,41%, semuanya menggambarkan hasil yang sangat memuaskan dengan skor rata rata 83,29%.
Kesimpulan: Berdasarkan penelitian tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan telemedicine saat pandemi Covid-19, dapat diambil kesimpulan bahwa persentase skor rata-rata dari seluruh tingkat kepuasan masyarakat sebesar 83,29% menggambarkan hasil yang sangat puas.
Kata Kunci: Telemedicine, Kepuasan masyarakat, COVID-19
Tidak tersedia versi lain