Karya Tulis Ilmiah
Perubahan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Mengenai Gizi Lebih Sebelum Dan Sesudah Dilakukan Pendidikan Gizi Melalui Film Cerita Pendek Pada Siswa MAN 4 Jakarta
Masalah gizi dapat terjadi pada seluruh kelompok umur, bahkan masalah gizi pada suatu kelompok umur tertentu akan memengaruhi status gizi pada
periode siklus kehidupan berikutnya, termasuk di dalamnya anak usia sekolah. Salah satu cara untuk menyampaikan pendidikan gizi adalah dengan
penyuluhan. Penyuluhan dapat dilakukan dengan media film pendek. Strategi penyuluhan yang membawa suasana senang untuk menarik perhatian
siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan tingkat pengetahuan dan sikap mengenai gizi lebih sebelum dan sesudah melakukan
pendidikan gizi melalui film cerita pendek di MAN 4 Jakarta. Penelitian adalah pre-eksperimental dengan rancangan one-group pretest-postest yang hanya
menggunakan satu kelompok subjek, pengukuran dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 4 Jakarta
Selatan dengan jumlah populasi adalah 236 siswa dengan hasil perhitungan sampel 42 siswa yang diambil dengan menggunakan purposive sampling dengan
kriteria inklusi yaitu: Harus mengikuti proses penelitian dari pre test sampai dengan post test, Memiliki gawai dan data selular. Kriteria ekslusi dari penelitian ini yaitu sedang mengikuti penelitian lain. Hasil penelitian didapatkan subjek dengan melakukan pendidikan gizi mengenai gizi lebih melalui film cerita pendek mampu meningkatkan pengetahuan subjek sebanyak 19,3% dan sikapsebanyak 40,4%. Nilai P untuk pengetahuan yaitu p = 0,008 (p < 0,05) dan untuk sikap yaitu p = 0,000 (p < 0,05)
Tidak tersedia versi lain