Karya Tulis Ilmiah
Pengetahuan Dan Perilaku Makan Gizi Seimbang Kelas 5 Dan 6 SD Negeri Cicadas 06 Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor
Anak usia sekolah dasar berusia 6-12 tahun merupakan kelompok rawan yang pada masa perkembangannya sering mengalami masalah gizi yaitu kekurangan energi dan protein. Kekurangan gizi dan kelebihan gizi pada anak akan memberi dampak negatif terhadap potensi pada kualitas generasi berikutnya. Pedoman gizi seimbang wajib diketahui dan diterapkan oleh seluruh masyarakat Indonesia untuk mencapai kesehatan yang optimal. Isi Piringku merupakan anjuran makan yang ditujukan kepada seluruh masyarakat untuk mengonsumsi makanan sesuai gizi seimbang. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Cicadas 06 Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 orang yaitu anak kelas 5 dan kelas 6. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui bagaimana pengetahuan dan perilaku makan siswa tentang gizi seimbang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian kuesioner dan observasi mengenai kelengkapan hidangan makan selama satu hari. Penelitian ini dilakukan selama 1 hari dan bersifat deskriptif dengan pendekatan purposive sampling. Pengolahan data dilakukan dengan menganalisis secara deskriptif kemudian disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian ini menunjukkan pengetahuan responden termasuk kategori cukup tentang gizi sembang sebanyak 54,2% dan perilaku makan responden termasuk kategori tidak bergizi sembang sebanyak 87,5%.
Kata kunci : karakteristik responden, pendidikan orang tua, pengetahuan siswa, perilaku makan siswa
Daftar Pustaka : 36(2000-2022)
Tidak tersedia versi lain