Karya Tulis Ilmiah
Tingkat Pengetahuan Gizi, Pola Makan, dan Status Gizi Siswa/i Kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Bekasi
Status gizi merupakan suatu keadaan yang menggambarkan keseimbangan antara asupan zat gizi dari makanan dengan kebutuhan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Status gizi seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti asupan makan, pola makan, tingkat pengetahuan, tingkat pendapatan, sosial, dan budaya seseorang tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan gizi, pola makan, dan status gizi siswa dan siswi kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross-sectional. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan menggunakan rumus slovin, dan didapati sebanyak 81 responden. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini meliputi tingkat pengetahuan, pola makan, dan status gizi. Pengukuran tingkat pengetahuan gizi menggunakan kuesioner 10 soal, pengukuran pola makan menggunakan FFQ semi kuantitatif, dan status gizi dengan melakukan pengukuran tinggi badan dan berat badan. Hasil penelitian yang didapat yaitu sebagian besar siswa memiliki status gizi baik yaitu sebesar 67,9%, tingkat pengetahuan cukup yaitu sebesar 50,6%, dan pola makan tidak baik yaitu sebesar 88,9%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ada kecenderungan siswa yang memiliki tingkat pengetahuan gizi yang baik akan memiliki status gizi yang baik serta tidak ada kecenderungan antara pola makan dengan status gizi siswa. Perlu dilakukannya edukasi kepada para siswa untuk meningkatkan pengetahuan siswa mengenai gizi seimbang dan pola makan yang baik agar dapat tercapainya status gizi yang baik.
Kata Kunci : Tingkat Pengetahuan Gizi, Pola Makan, Status Gizi, Remaja
Daftar Pustaka : 23 (2003 – 2021)
Tidak tersedia versi lain