Karya Tulis Ilmiah
Perbedaan Pengetahuan dan Perilaku Makan Sebelum dan Sesudah Diberikan Penyuluhan Isi Piringku pada Remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Tangerang Tahun 2022
Berdasarkan Data Penyakit Infeksi sebanyak 9,72% Remaja di LPKA memiliki Riwayat penyakit COVID-19, 4,17% memiliki Riwayat penyakit infeksi TBC, dan 1,39% memiliki Riwayat penyakit COVID-19 dan TBC. Serta didapatkan bahwa sebanyak 5,4% Remaja di LPKA berstatus gizi kurang dan 5,4% berstatus gizi lebih. Dimana menurut WHO faktor yang mempengaruhi status gizi yaitu faktor langsung seperti asupan makanan dan penyakit infeksi, serta faktor tidak langsung salah satunya adalah pengetahuan. Untuk mendapat status gizi optimal, remaja dianjurkan menerapkan Pedoman Gizi Seimbang yang salah satu visualisasinya adalah Isi Piringku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan dan perilaku makan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan isi piringku dengan media powerpoint animasi pada remaja selama 1 minggu penelitian dengan pemberian penyuluhan sebanyak 1 kali dan pemberian penguatan sebanyak 2 kali. Jenis penelitian ini adalah one group pre and post test design dengan sampel 43 Remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Tangerang berusia 14-18 diambil secara simple random sampling dengan metode undian. Setelah dianalisis dengan uji Wilcoxon didapat peningkatan pengetahuan yang signifikan (p=0,000) rata-rata nilai pre-test 48,32 menjadi 76,35 pada post test. Perilaku makan secara isi piringku pada kategori cukup meningkat sebanyak 32,5%. Penurunan asupan terjadi pada lauk hewani secara signifikan (p=0,021).
Daftar Pustaka : 58 (2011-2021)
Kata Kunci : Pengetahuan, Perilaku Makan, Penyuluhan Gizi, Isi Piringku, Powerpoint Animasi
Tidak tersedia versi lain