Karya Tulis Ilmiah
Gambaran Perbedaan Pengetahuan dan Sikap Tentang 4 Pilar Gizi Seimbang Sebelum dan Sesudah Pemberian Video Animasi Pada Siswa/I Kelas VIII Di SMPN 210 Jakarta
Pada masa remaja banyak perubahan terjadi salah satunya adalah terjadinya pubertas. Terpenuhinya kebutuhan gizi akan membantu proses tumbuh kembang remaja dengan optimal. Remaja Indonesia saat ini menghadapi tiga masalah gizi yaitu kekurangan gizi, kelebihan berat badan, dan kekurangan zat gizi mikro dengan anemia. Pengetahuan gizi menjadi salah satu faktor penyebab masalah gizi. Oleh karena itu pengetahuan dan pemahaman tentang gizi dapat dilakukan dengan memberikan edukasi gizi melalui media animasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya perbedaan pengetahuan dan sikap tentang 4 Pilar Gizi Seimbang sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan dengan media video animasi. Desain penelitian Pre Eksperiment One Group Pretest-Posttest dimana pengetahuan dan sikap menjadi variabel dependen, dan pemberian video animasi tentang 4 Pilar Gizi Seimbang menjadi variabel independen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pengetahuan siswa sebelum diberikan video animasi adalah 68,83, sedangkan sesudah diberikan video animasi memiliki rata-rata nilai pengetahuan sebesar 81,29. Kemudian rata-rata sikap siswa sebelum diberikan video animasi adalah 75,84, sedangkan sesudah diberikan video animasi memiliki rata-rata nilai sikap sebesar 79.67. Analisis data menggunakan uji tabel silang dan dianalisis secara deskriptif menunjukkan adanya perbedaan pengetahuan dan sikap siswa tentang 4 Pilar Gizi Seimbang sebelum dan sesudah diberikan video animasi.
Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Media Animasi, 4 Pilar Gizi Seimbang
Tidak tersedia versi lain