Karya Tulis Ilmiah
Gambaran Variasi Menu, Nilai Gizi dan Cita Rasa Terhadap Tingkat Kesukaan Makan Siang Santri di Ma'had Tarbiyatul Islamiyah (MTI) MTs N 24 Jakarta Kampus B Duren Sawit, Jakarta Timur Tahun 2022
Masa remaja merupakan tahap pertumbuhan dan perkembangan fisik yang sangat cepat. Untuk mencapai pertumbuhan yang optimal perlu adanya asupan zat gizi yang baik. Pada anak yang tinggal di pesantren makanan didapatkan dari makanan yang disajikan di institusi Keberhasilan penyelenggaraan makanan dilihat dari kepuasan konsumen yang menilai dari cita rasa dan variasi makanan yang disajikandan akan berpengaruh pada tingkat kesukaan santri. Kontribusi makan siang adalah 30% dari kebutuhan gizi sehari Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran variasi menu, nilai gizi dan cita rasa terhadap tingkat kesukaan pada makan siang santri di Ma’had Tarbiyatul Islamiyah (MTI) MTsN 24 Jakarta Kampus B Duren Sawit, Jakarta Timur Tahun 2022.
Penelitian ini di Ma’had Tarbiyatul Islamiyah (MTI) MTsN 24 Jakarta Kampus B Duren Sawit, Jakarta Timur selama 3 hari. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan metode Cross Sectional. Pengambilan sampel sebanyak 71 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara secara masal dan pengisian kuesioner mengenai persepsi variasi menu, cita rasa dan tingkat kesukaan responden pada makan siang.
Hasil menunjukkan bahwa pada penilaian variasi menu 83,1% menilai menu bervariasi, cita rasa 90,1% menilai baik, dan sebesar 73,2% responden suka terhadap makan siang. Semakin baik variasi menu dan cita rasa makanan semakin tinggi tingkat kesukaan santri terhadap makan siang. Penelitian ini dapat digunakan menjadi bahan evaluasi agar penyelenggaraan makanan pesantren dapat lebih memperhatikan variasi menu, nilai gizi dan cita rasa pada makanan yang disajikan, serta diadakan siklus menu dan standar porsi untuk mencegah kebosanan dan dapat memenuhi kebutuhan para siswa.
Kata Kunci: Pesantren, Variasi Menu, Nilai Gizi, Cita Rasa, Tingkat Kesukaan
Daftar Pustaka: 54 bacaan (1990-2021)
Tidak tersedia versi lain