Skripsi
Perbedaan Tingkat Pengetahuan Tentang Isi Piringku Sebelum dan Sesudah Diberikan Penyuluhan dengan Buku Mewarnai pada Siswa Kelas 2 di SD Negeri 11 Pagi Cempaka Baru
ABSTRAK
SARJANA TERAPAN GIZI DAN DIETETIKA
JURUSAN GIZI
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES JAKARTA II
SKRIPSI, JUNI 2022
FITRIANNA NUR AINI
“PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG ISI PIRINGKU SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN PENYULUHAN DENGAN BUKU MEWARNAI PADA SISWA KELAS 2 DI SD NEGERI 11 PAGI CEMPAKA BARU”
V Bab, 79 hal., 5 tabel, 7 lampiran
Berdasarkan Riskesdas tahun 2018 status gizi anak usia 5-12 tahun dilihat dari IMT/U bahwa prevalensi anak yang kurus sebesar 9,3% dan prevalensi anak yang gemuk sebesar 20,6%. Tujuan penelitian adalah mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan dengan media buku mewarnai serta membuat buku mewarnai sebagai salah satu media penyuluhan
gizi. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan desain one group pre-test post-test terhadap 34 siswa kelas 2 di SD Negeri 11 Pagi Cempaka Baru.
Analisis data menggunakan uji statistik Wilcoxon dan Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan tingkat pengetahuan pada siswa sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan terkait Isi Piringku dengan buku mewarnai (p=0,000, p0,05). Oleh karena itu, perlu dilakukan pendampingan dari orang tua dan sekolah agar Isi Piringku dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci : Pengetahuan, Penyuluhan, Isi Piringku, Buku Mewarnai
Daftar Pustaka : 47 (2003 – 2020)
Tidak tersedia versi lain