Skripsi
Perbedaan Tingkat Pengetahuan dan Perilaku Konsumsi Sayur dan Buah Sebelum dan Sesudah Diberikan Penyuluhan Menggunakan Media Slide Show Pada Siswa Kelas VIII di SMPN 227 Jakarta
Kurang konsumsi sayur dan buah merupakan perilaku makan yang dapat merugikan bagi kesehatan. Menurut data Riskesdas 2018, proporsi konsumsi sayur dan buah kurang dari 5 porsi per hari dalam seminggu pada penduduk usia ≥ 5 tahun secara nasional adalah 95,5%. Konsumsi sayur dan buah pada remaja dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktornya yaitu pengetahuan yang kurang akan berdampak terhadap perilaku anak tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan dan perilaku konsumsi sayur dan buah sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan menggunakan media slide show pada siswa kelas VIII di SMPN 227 Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan metode pre-experimental with one group pre-test and post-test design. Sampel yang dipilih menjadi responden sebanyak 74 orang dengan cara pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan Uji Paired T-Test dan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan menggunakan media slide show (p < 0,05), terdapat perbedaan perilaku konsumsi sayur sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan menggunakan media slide show (p < 0,05). Namun tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap perilaku konsumsi buah sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan menggunakan
media slide show (p > 0,05). Dari hasil penelitian ini disarankan agar pihak sekolah dapat berkontribusi dalam perilaku konsumsi sayur dan buah dengan pemberian edukasi serta motivasi kepada siswa-siswi dan orang tua tentang manfaat mengonsumsi sayur dan buah.
Kata Kunci : Pengetahuan, Perilaku, Penyuluhan, Slide Show, Sayur dan Buah
Tidak tersedia versi lain